Rabu, 29 Maret 2023 | 15:00 WIB

Hoaks: Peru Resmi Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Faktanya

Dany Garjito
Hoaks: Peru Resmi Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 YouTube/Hasil Liga
Hoaks: Peru Resmi Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 YouTube/Hasil Liga

Tech.hitekno.com - Beredar hoaks yang menyebut FIFA telah resmi menunjuk Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia.

Informasi ini beredar melalui video yang diunggah oleh kanal YouTube Hasil Liga pada Selasa (28/3/2023).

Pada video yang diunggah bernarasi judul: "Surat FIFA Bocor! Peru Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Mimpi Timnas U 20 Indonesia Sirna".

Baca Juga: Kantongi Sertifikasi Google Play, HP Layar Lipat Vivo Bawa Nama Ini?

Bahkan, pada thumbnail video yang dibagikan, tertulis keterangan yang serupa, "SURAT FIFA BOCOR! PERU RESMI GANTIKAN INDONESIA JADI TUAN RUMAH PIALA DUNIA U-20 2023".

Sampai artikel ini ditulis, video ini telah ditayangkan lebih dari 9,8 ribu kali. Tak sedikit netizen yang mempercayai klaim yang ditulis oleh kanal YouTube Hasil Liga. Hal ini tampak melalui kolom komentar unggahan.

Lalu, benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: Naruto: 4 Penjahat yang Sempat Bikin Nyawa Kakashi di Ujung Tanduk, Siapa Saja?

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran metro.suara.com, klaim FIFA telah resmi menunjuk Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia adalah tidak benar.

Pasalnya, dalam unggahan berdurasi 4 menit 30 detik tersebut sama sekali tidak menguraikan dan memberikan bukti valid terkait klaim yang telah ditulis di bagian judul dan thumbnail video.

Baca Juga: Benarkah RRQ Lemon Kena Sanksi Gegara Sindir MPL Indonesia?

Tayangan ini justru berisi beberapa slide foto Presiden FIFA Gianni Infantino, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, eks pengurus PSSI Yesayas Oktavianus, dan potret punggawa Timnas Indonesia. Pada video ini, juga disisipkan juga video yang merekam momen ketika Timnas Indonesia sedang berlatih.

Selain itu, narator dalam video ini juga hanya mengulas soal FIFA dan PSSI yang sudah menghapus video teaser Piala Dunia U-20 2023. Serta, terkait pernyataan Yesayas Oktavianus yang menyebut FIFA telah mengalihkan tuan rumah turnamen besar itu ke Peru.

Terlepas dari isi video tersebut, hingga sekarang juga tidak ada informasi valid atau kredibel mengenai klaim Peru telah resmi ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: 3 Fakta RRQ Lemon Kena Sanksi Nggak Boleh Main di MPL Season 11, Benarkah Karena Sindiran?

Perpindahan tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia ke Peru hingga kini masih menjadi rumor. Belum ada pernyataan resmi dari FIFA terkait hal ini.

Simpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kabar Peru resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia adalah keliru.

Informasi yang disebarkan kanal YouTube Hasil Liga tersebut masuk dalam hoaks kategori konten menyesatkan.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami