Rabu, 29 Maret 2023 | 16:46 WIB

Hoaks: Pemain Timnas Indonesia Jordi Amat Diminati Real Madrid, Begini Faktanya

Dany Garjito
Beredar kabar klub Spanyol meminati Jordi Amat. (YouTube/Kreator Bola)
Beredar kabar klub Spanyol meminati Jordi Amat. (YouTube/Kreator Bola)

Tech.hitekno.com - Belum lama ini beredar sebuah video bernarasi Jordi Amat diminati klub Spanyol dengan dilengkapi foto Carlo Ancelotti pelatih Real Madrid. Benarkah demikian?

Video itu diunggah di kanal YouTube Kreator Bola pada Selasa (28/3/2023). Judul yang dibubuhkan dalam video tersebut bahkan juga turut mengundang kontroversi.

“Golnya viral di Eropa! Jordi Amat langsung dirayu klub Spanyol 45 milyar. Ini buktinya,” demikian judul kanal YouTube Kreator Bola.

Baca Juga: Harga HP Vivo Terbaru April 2023, Terbaru V27 5G dan V27e

Sampai saat ini, video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola itu sudah ditonton sebanyak 5,8 ribu kali. Lalu bagaimana sebetulnya fakta dari narasi tersebut?

PENJELASAN

Jordi Amat memang berhasil mencetak gol pada pertandingan kedua antara Timnas Indonesia melawan Burundi pada ajang FIFA Matchday.

Baca Juga: Link Nonton Induk Gajah, Duet Marshanda dan Tika Pangabean Jadi Ibu dan Anak

Pada laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (28/3/2023) itu, gol yang dicetak Jordi Amat sekaligus menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan.

Namun, sampai saat ini belum jelas maksud kanal YouTube Kreator Bola yang mengatakan bahwa golnya Jordi Amat viral di Eropa. Sebab, tidak ada bukti yang dicantumkan oleh akun tersebut.

Selain itu, keterangan soal klub Spanyol yang merayu Jordi Amat dengan uang sebesar Rp45 milar juga tidak berdasarkan fakta yang jelas.

Baca Juga: Harga HP Oppo Terbaru April 2023, Ada Produk Baru di Seri Reno

Pasalnya, sampai saat ini tidak ada klub Spanyol yang menyatakan ketertarikannya untuk merekrut Jordi Amat dari Johor Darul Takzim (JDT) dengan iming-iming uang sebesar Rp45 miliar.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa narasi dan informasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola melalui videonya tersebut tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Baca Juga: Hoaks: Sudah Resmi Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Faktanya

Pasalnya, tidak ada bukti bahwa gol yang dicetak Jordi Amat viral di Eropa. Selain itu, informasi palsu soal ketertarikan Real Madrid atau klub Spanyol lain yang bersedia membayar uang sebesar Rp45 miliar juga cuma tidak ada.

Kesimpulannya, informasi yang disebarkan oleh Kreator Bola dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. (Bolatimes)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami