Kamis, 06 April 2023 | 13:31 WIB

Dikenal sebagai Launcher Legend, Google Now Mau Tutup Usia di Bulan April

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi HP Android. (AndroidPit)
Ilustrasi HP Android. (AndroidPit)

Tech.hitekno.com - Jika kamu seorang pengguna Android, kamu mungkin telah menginstal aplikasi peluncur di perangkatmu untuk mengganti tampilan antarmuka pengguna.

Salah satu peluncur yang dikenal dengan tampilan bersih dan minimalis adalah Google Now. Namun, setelah hampir satu dekade, Google akan menghentikan layanan tersebut pada bulan April.

Dilansir dari Gizmochina, dalam versi beta terbaru dari aplikasi Google (v14.14), pengguna yang masih menggunakan peluncur Google Now akan menerima notifikasi yang menyatakan bahwa "Peluncur Anda akan berubah menjadi peluncur default perangkat Anda".

Baca Juga: Hero Critical Damage Paling Pedih, Ling Terlalu Sakit!

Ini berarti bahwa semua perangkat yang menggunakan peluncur Google Now akan otomatis beralih ke peluncur default setelah pembaruan.

Meskipun penghentian Google Now Launcher tidak mempengaruhi banyak orang karena sebagian besar perangkat yang masih menggunakan peluncur tersebut sudah kedaluwarsa, kamu masih bisa mempertahankan penampilan saat ini dengan tidak melakukan pembaruan aplikasi Google.

Smartphone Android/pixabay
Smartphone Android/pixabay

Google Now pertama kali diperkenalkan sebagai Google Experience Launcher (GEL) pada tahun 2014. Namun, saat dirilis secara luas, aplikasi tersebut diberi nama Google Now Launcher (GNL) dan tersedia untuk semua perangkat Android 4.1+ melalui Play Store.

Baca Juga: 3 iPhone Ini Tidak Kebagian Update iOS 17 Terbaru, Cek HP Kamu Termasuk Tidak

Peluncur tersebut menawarkan antarmuka pengguna yang bersih dan minimalis dengan akses cepat ke kartu Google Now.

Pada tahun 2017, Google mengumumkan bahwa Google Now Launcher (GNL) akan dihentikan karena fitur utama yang ditawarkannya, yaitu akses ke Google Now, sudah tersedia di peluncur OEM lainnya.

Sejak saat itu, Google fokus pada pengembangan fitur Asisten dan menggunakan Pixel Launcher untuk ponselnya sendiri.

Baca Juga: Nintendo Pastikan Tak Ada Game Mobile Mario Baru, Apa Sebab?

Meskipun aplikasi Google terus mendapatkan pembaruan, GNL tidak lagi menjadi prioritas utama bagi Google.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami