Rabu, 26 April 2023 | 14:38 WIB

Mie Instan Rasa Ayam Spesial di Taiwan Mengandung Zat Pemicu Kanker

Dany Garjito
Ilustrasi mie instan. (Pixabay)
Ilustrasi mie instan. (Pixabay)

Hitekno.com - Mie Instan Rasa Ayam Spesial di Taiwan Mengandung Zat Pemicu Kanker.

Dikabarkan Indomie Rasa Ayam Spesial diduga mengandung zat yang mampu memicu kanker.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Baca Juga: HoYoverse Resmi Meluncurkan Honkai: Star Rail

Dua Mie Instan Diduga Mengandung Etilen Oksida, Salah Satunya dari Indonesia

Departemen Kesehatan Taipei baru-baru ini merilis informasi mengenai dua mi instan asal Asia Tenggara yang mengandung etilen oksida atau zat pemicu kanker. Informasi ini dibagikan setelah adanya pemeriksaan mi instan di Taipei beberapa waktu lalu.

Melansir Focus Taiwan, dua mi Instan yang didapati mengandung etilen oksida itu berasal dari Malaysia dan Indonesia. Untuk Malaysia, etilen oksida ditemukan pada produk “Mie Kari Putih Ah Lai”. Sementara dari Indonesia diketahui ditemukan pada produk “Indomie Rasa Ayam Spesial”.

Baca Juga: Andalkan Chipset Snapdragon 8 Gen 2, Segini Skor AnTuTu Asus ROG Phone 7

Meski demikian, Departemen Kesehatan Taipei melaporkan, dari hasil pengujian yang ditemukan, etilen oksida hanya terdeteksi pada varian rasa kedua produk tersebut. Namun, untuk rasa lainnya tidak ditemukan.

Sementara itu, sebab ditemukan kandungan etilen oksida, Departemen Kesehatan Taipei menarik dua produk itu sementara demi kesehatan masyarakat.

Terkait etilen oksida sendiri memang bukanlah bahan yang baik untuk dikonsumsi. Dikutip dari situs the Toxic and Chemical Substances Bureau under the Cabinet-level Environmental Protection Administration, etilen oksida sangat beracun, apalagi untuk dikonsumsi atau dihirup.

Baca Juga: Turun Rp 3 Juta, Ini Update Harga Samsung Galaxy S22 Plus Periode April 2023

Pasalnya, zat ini dapat memicu kanker limfoma dan leukemia. Selain itu, etilen oksida dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit dan mata jika bersentuhan secara langsung.

Mengutip Alodokter, mereka yang mengonsumsi atau menghirup etilen oksida dapat merasakan berbagai gejala, di antaranya:

  •  Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Diare
  • Luka bakar
  • Iritasi pada kulit, mata, hidung, tenggorokan, atau saluran napas
  • Kejang
  • Hilang kesadaran

Tidak hanya itu, Pada ibu hamil, paparan zat ini diketahui dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Orang yang mengonsumsi zat etilen oksida juga bisa berpengaruh pada cacat lahir atau keturunannya.

Baca Juga: Dikonfirmasi, Realme 11 Series Siap Debut pada Mei 2023

Untuk itu, penting mencegah diri mengonsumsi atau menghirup etilen oksida. Tapi, jika tidak sengaja mengonsumsi etilen oksida, dianjurkan untuk segera minum air atau susu. Sementara jika etilen oksida mengenai mata, segera basuh dengan air mengalir. Jika reaksinya cukup parah, bisa segera menghubungi dokter untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. (Suara.com)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami