Jum'at, 12 Mei 2023 | 14:41 WIB

Google Disinyalir Siapkan Fitur Anti Ad Blocker, Desak Pengguna Berlangganan Youtube Premium

Cesar Uji Tawakal
Ini 5 Video Pertama yang Ada di Youtube
Ini 5 Video Pertama yang Ada di Youtube

Hitekno.com - Google tengah melakukan eksperimen untuk membatasi fungsionalitas ad blocker pada platform YouTube. Fitur baru ini akan mencegah pengguna untuk mengaktifkan ad blocker di YouTube.

Pihak Google mengumumkan program ini saat konferensi Google I/O 2023, beberapa hari setelah seorang tipster mengungkapkan detail program ini.

Dilansir dari Gizmochina, Tipster bernama Sazk100 memposting tangkapan layar dari pop-up yang muncul di YouTube yang menjelaskan bahwa ad blocker tidak lagi diperbolehkan di platform tersebut.

Baca Juga: Infinix Note 30 Series Meluncur Akhir Mei 2023, Pakai Teknologi All Round FastCharge

Sebagai akibatnya, pengguna YouTube dengan ad blocker yang diaktifkan tidak diizinkan untuk menonton konten di YouTube.

Tipster juga menunjukkan bahwa pengguna bisa berlangganan YouTube Premium yang menyediakan opsi untuk menghilangkan iklan dan berbagai layanan premium.

Meskipun program ad blocker yang ada saat ini hanyalah sebuah eksperimen kecil, program ini bisa berdampak jauh ke depan.

Baca Juga: Tim Lawan Pakai Bane, Pastikan Bawa Hero Mage Anti CC Ini untuk Jadi Counter

YouTube/Unsplash
YouTube/Unsplash

Google mengatakan bahwa mereka sedang melakukan eksperimen kecil di seluruh dunia yang memberitahukan pengguna dengan aplikasi ad-blocker untuk membiarkan pengguna dengan ad-blocker diaktifkan untuk menonaktifkan fitur tersebut. Hal ini akan memungkinkan iklan untuk berjalan bebas di platform YouTube.

Alternatif lainnya, pengguna bisa berlangganan YouTube Premium jika ingin tetap mengaktifkan ad blocker di platform tersebut. Iklan di YouTube belakangan ini semakin mengganggu dan mengganggu pengalaman menonton konten di platform tersebut.

Langkah Google ini dipandang sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan iklan yang tengah menurun. Sebelumnya, Google telah melakukan eksperimen yang menghalangi penonton untuk melewati iklan tertentu.

Baca Juga: Microsoft Mulai Tertarik ke Bisnis Energi, Nuklir Jadi Tujuan

Meskipun begitu, YouTube tetap menjadi platform yang menarik dengan jumlah pelanggan dan pembuat konten yang tinggi. Pendapatan dari platform media sosial ini juga terus meningkat.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami