Rabu, 31 Mei 2023 | 17:56 WIB

Profil dan Biodata Aulia Akbar Desainer Logo IKN Pohon Hayat

Dany Garjito
Profil Aulia Akbar. (Twitter/@jokowi)
Profil Aulia Akbar. (Twitter/@jokowi)

Tech.hitekno.com - Profil dan Biodata Aulia Akbar Desainer Logo IKN Pohon Hayat

Presiden Jokowi resmi mengumumkan Aulia Akbar sebagai pemenang kontes desain logo Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pengumuman tersebut dilaksanakan di Istana Negara pada Selasa (30/5/2023). Aulia, yang merancang logo berjudul "Pohon Hayat", berhasil meraih lebih dari 500 ribu suara.

Baca Juga: Video Gisel Dipeluk Mesra Seorang Pria Viral, Netizen Malah Kasihan Sama Gempi

Logo tersebut merupakan kombinasi dari lima akar di bagian bawah yang melambangkan Pancasila, serta tujuh batang di bagian tengahnya yang mewakili tujuh pulau besar Indonesia. 

Terdapat juga 17 kelopak di bagian atas logo, melambangkan tanggal kemerdekaan Indonesia. Aulia dianugerahi hadiah tunai sebesar Rp 185 juta sebagai pemenang kontes.

Berikut adalah profil Aulia Akbar, desainer di balik logo IKN Pohon Hayat.

Baca Juga: Vivo Meluncurkan Seri Smartphone S17 di China, Spesifikasinya Aduhai

Profil Aulia Akbar

Berbasis di Bandung, Jawa Barat, Aulia Akbar adalah desainer grafis dengan pengalaman sembilan tahun di bidangnya. Saat ini, Aulia menjabat sebagai co-founder dan Design Researcher di POT Branding House, sebuah perusahaan di industri kreatif, di mana ia bekerja sejak Februari 2023.

Selain itu, Aulia aktif mengajar desain grafis baik secara offline di ITENAS dan online di Pixel Ninja. Dia juga mengelola forum Bandung Design Friendly (BDF) dan ADGI Chapter Bandung, untuk mendukung desainer grafis muda.

Baca Juga: Harga Jepit Rambut Kecil yang Dipakai Nagita Slavina Bikin Netizen Melongo, Terlalu Mahal?

Pendidikan Aulia Akbar

Aulia Akbar adalah lulusan Desain Komunikasi Visual di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung, lulus tahun 2014. 

Dia pernah mengajar sebagai dosen luar biasa di jurusan yang sama di ITENAS dari 2016 hingga 2017.

Baca Juga: Viral dan Menuai Berbagai Reaksi, Gibran Rakabuming Janji Temani Netizen Ini Makan Siang Ketika di Solo

Saat di SMA, dia belajar di SMAN 25 Bandung dari tahun 2008 hingga 2010. Saat itu, dia juga aktif sebagai Co-Founder 25Graphy Exschool of Photography.

Filosofi Logo Pohon Hayat IKN

Dengan partisipasi total 500 ribu masyarakat dalam pemilihan logo IKN, logo bertema "Pohon Hayat" dari Aulia Akbar terpilih sebagai pemenang. Logo ini mencerminkan filosofi dan semangat pembangunan IKN untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai bangsa besar dan menjaga alam.

Aulia Akbar mengungkapkan bahwa logo "Pohon Hayat" terinspirasi dari penelitian yang dilakukannya tentang kebudayaan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Dia melihat pohon sebagai simbol keberagaman Indonesia, dengan kesatuan yang tetap ada.

Presiden Jokowi, pada gilirannya, memuji logo Pohon Hayat, menyatakan bahwa filosofi di baliknya selaras dengan pembangunan IKN. 

"Pohon Hayat adalah pohon kehidupan. Kami semua berharap logo Pohon Hayat ini dapat menginspirasi IKN untuk menciptakan kehidupan baru bagi kita semua," ujarnya pada Selasa (30/5/2023). (Deli.Suara)

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami