Kamis, 22 Juni 2023 | 19:46 WIB

Instagram Kini Perkenankan Penggunanya untuk Unduh Video Reels

Cesar Uji Tawakal
Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)
Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)

Hitekno.com - Instagram, salah satu platform media sosial terkemuka di dunia, telah mengumumkan fitur baru yang pasti akan membuat para penggunanya senang.

Setelah banyak permintaan selama bertahun-tahun, Instagram akhirnya merespons dengan memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan membagikan Reels yang diunggah oleh pengguna lain di luar aplikasi.

Langkah ini jelas merupakan tanggapan terhadap TikTok yang juga menyediakan fitur serupa.

Baca Juga: Cara Pindah KK secara Online dan Offline, Siapkan Berkas Berikut

Dilansir dari Gizmochina, Adam Mosseri, kepala Instagram, menggunakan saluran Instagram-nya untuk mengumumkan fitur baru ini.

Ia mengungkapkan bahwa pengguna di Amerika Serikat sekarang dapat dengan mudah mengunduh Reels langsung ke galeri kamera mereka hanya dengan mengklik ikon berbagi dan memilih opsi "Unduh".

Fitur ini memberikan pengguna lebih banyak kendali atas konten yang mereka buat dan nikmati di platform Instagram.

Baca Juga: Roster ONIC untuk MPL Indonesia Season 12, Tanpa Kairi dan Coach Yeb?

Namun, ini juga memunculkan pertanyaan apakah fitur ini akan tersedia di semua platform jika perusahaan membiarkan pengguna mengunduh video dengan mudah ke perangkat mereka.

Perlu dicatat bahwa kemampuan untuk mengunduh Reels hanya berlaku untuk konten yang diposting oleh akun publik.

Selain itu, penggunaan opsi unduhan Reels dapat dinonaktifkan oleh pemilik akun publik yang lebih memilih untuk menjaga kendali yang lebih ketat terhadap distribusi kontennya.

Baca Juga: 5 Hero Mobile Legends Paling OP di Akhir Season 28, Push Rank sebelum Reset

Meskipun belum jelas apakah Reels yang diunduh akan memiliki watermark, gambar yang disertakan oleh Mosseri menunjukkan logo Instagram yang terlihat di sebelah nama akun.

Pendekatan serupa juga diambil oleh TikTok dengan meletakkan watermark pada video yang diunduh.

Penting untuk dicatat bahwa sebelumnya, Instagram telah memungkinkan pengguna mengunduh Reels mereka sendiri tanpa adanya watermark, sehingga ini merupakan perubahan baru.

Pengenalan fitur Reels telah membawa dampak signifikan bagi Instagram, seperti yang diungkapkan oleh Mark Zuckerberg dalam panggilan pendapatan Q1 2023, di mana waktu yang dihabiskan pengguna di platform ini meningkat hingga 24%, yang merupakan angka yang mengesankan.

Format yang mirip dengan TikTok, platform video viral, telah membantu Instagram mencapai pencapaian ini.

Keputusan Instagram untuk memperkenalkan fitur unduhan Reels tanpa diragukan lagi merupakan tonggak penting dalam evolusi platform ini.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami