Rezza Dwi Rachmanta
Redmi Note 10 Pro. (Xiaomi Indonesia)

Tech.hitekno.com - Pengguna Redmi Note 10 Pro di Indonesia mendapat kabar baik karena mereka bakal memperoleh update antarmuka anyar. MIUI 13 akan hadir ke Redmi Note 10 Pro pada Januari 2023.

Terdapat beberapa kelebihan apabila pengguna mengupdate HP Redmi Note 10 Pro dengan antarmuka atau UI anyar.

Mereka bisa memperoleh peningkatan kinerja smartphone hingga desain serta font terbaru.

Baca Juga:
PS5 Dapat Rusak Jika Didirikan Vertikal, Ini Penyebabnya

Melansir Xiaomiui, Senin (9/1/2023), Redmi Note 10 Pro disebutkan sebagai model pertama dari seri Redmi Note yang mendapat pembaruan dengan nomor build V13.0.8.0.SKFIDXM.

Berikut lima kelebihan dari MIUI 13 yang dapat dinikmati para pengguna Redmi Note 10 Pro.

1. Privasi yang Ditingkatkan

Baca Juga:
Banting Harga Awal Tahun, Redmi Note 10 Series DIjual Murah di Situs Resmi

Ekosistem Xiaomi telah ditingkatkan dengan lapisan sistem verifikasi tiga langkah seperti Pengenalan Wajah, Pembacaan Watermark ID Pengguna, dan Perlindungan Penipuan Elektronik.

Meskipun demikian, sistem verifikasi tiga langkah ini mungkin bergantung pada kawasan.

2. Desain & Widget UI yang ditingkatkan

Baca Juga:
20 HP Redmi yang Akan Terima Update Android 13, Dalam Pengujian

MIUI 13 belum sepenuhnya menggantikan kulit MIUI 12, bahkan tidak cukup untuk menyebutnya sebagian sebenarnya, namun ada beberapa perubahan kecil di sana-sini, seperti pusat kendali baru atau widget baru dan lebih baik.

Bersamaan dengan pembaruan, font baru bernama MiSans juga diperkenalkan dan yang lama diganti. Ada juga perubahan pada wallpaper dinamis, koleksi wallpaper baru telah ditambahkan di mana bunga akan mekar dari sisi layar saat layar menyala.

3. Peningkatan Kinerja dan Animasi Lebih Halus

Baca Juga:
Redmi Rilis HP Murah, Dijual Rp 1 Jutaan dengan Kamera 50 MP dan Chipset Handal

MIUI 13. (Xiaomi)

 

Pembaruan berfokus pada peningkatan kinerja pada fungsi inti dan aplikasi sistem dan seluruh pengalaman pengguna telah ditingkatkan sebesar 52 persen dengan bantuan Algoritma Terfokus, Penyimpanan Cair, dan Memori Teratomisasi.

Langkah-langkah baru telah ditetapkan untuk mengurangi throttle dan menjaga kinerja pada tingkat optimal.

Liquid Storage dan Atomized Memory juga membantu mencegah penurunan kemampuan baca-tulis sebesar 5 persen sehingga memperpanjang masa pakai perangkat Anda.

4. Liquid Storage

Liquid Storage adalah fitur ROM global yang mengatur bagaimana sistem kamu menyimpan file di tingkat sistem.

Kecepatan baca-tulis cenderung turun setengahnya setelah 3 tahun tergantung pada seberapa banyak tindakan baca-tulis yang dilakukan pada perangkat.

Keausan ini paling terlihat saat membuka aplikasi, yang akan menjadi lambat dan teknologi Liquid Storage ditambahkan untuk mempertahankan 95 persen kecepatan baca-tulis dalam jangka panjang.

5. Atomized Memory

Teknologi Atomized Memory ditujukan untuk meningkatkan penggunaan RAM secara keseluruhan di perangkat, menggunakan algoritme untuk mendeteksi aplikasi mana yang lebih sering digunakan dan mana yang lebih sedikit.

Dan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh analisis ini, aplikasi yang paling sering digunakan akan diprioritaskan dan bertahan lebih lama di latar belakang sementara aplikasi yang jarang digunakan dihapus.

Dari kelima kelebihan MIUI 13 ini, tampaknya Xiaomi mengambil langkah ke arah lebih baik. (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)