Cesar Uji Tawakal
Kamera Redmi 12C. (Xiaomi)a)

Tech.hitekno.com - Cara masuk dan keluar fastboot mode Xiaomi memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan bug atau mengubah ROM. Singkatnya, fastboot adalah alat yang terdapat pada perangkat Android yang menyertakan fitur untuk mempartisi ulang, memulihkan, memperbarui sistem, dan banyak lagi.

Pada beberapa perangkat HP Xiaomi ditemukan masalah di mana tiba-tiba perangkat masuk ke mode fastboot secara tidak sengaja, penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa di antaranya adalah:

• Sistem macet (kesalahan firmware) yang mencegah sistem memuat dengan benar.
• Ada masalah selama proses pengisian.
• Menekan tombol volume bawah saat HP dalam kondisi baru.

Baca Juga:
Cara Hapus Bloatware Xiaomi Pakai ADB Fastboot Tool Dijamin Makin Gesit dan Enteng

Cara masuk dan keluar fastboot mode Xiaomi sebenarnya sangat sederhana. Berikut cara masuk dan keluar fastboot mode Xiaomi yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Masuk Fastboot Mode Xiaomi

Cara paling mudah untuk masuk ke mode fastboot Xiaomi adalah dengan menekan kombinasi beberapa tombol fisik di smartphone.

Baca Juga:
Cara Setting Developer Option di MIUI agar Tidak Lag saat Ngegame

1. Matikan HP.
2. Tekan tombol power + vol up secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.

Namun untuk beberapa tipe HP Xiaomi terdapat beberapa perbedaan cara untuk masuk ke mode fastboot, berikut caranya:

1. Matikan HP.
2. Tekan tombol power + vol up.
3. Kemudian silahkan tap tombol fastboot, dan secara otomatis kamu akan masuk ke mode fastboot.

Baca Juga:
6 Fakta Nusantara Project OS Android Racikan Tanah Air Bikin HP Enteng

Cara Keluar Fastboot Mode Xiaomi

Selain bisa digunakan untuk masuk ke mode fastboot Xiaomi, ternyata ada kombinasi tombol yang juga bisa keluar dari mode fastboot.

1. Saat HP Xiaomi masuk ke mode fastboot, tekan tombol power + vol down. Atau bisa juga dengan menekan tombol power beberapa detik hingga HP mati.
2. Tunggu hingga HP Xiaomi reboot.

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas namun tetap gagal, cara terakhir adalah melepas baterai HP Xiaomi kamu. Setelah HP kamu mati silahkan pasang kembali baterainya lalu hidupkan seperti biasa, seharusnya dengan cara ini kamu sudah berhasil keluar dari mode fastboot dan masuk ke home screen seperti biasa.

Namun cara ini tidak berlaku untuk HP Xiaomi dengan baterai tanam. Itulah cara masuk dan keluar fastboot mode HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah smartphone kamu. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins