Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi MIUI 14. (Xiaomi China)

Tech.hitekno.com - Cara hapus bloatware Xiaomi pakai ADB Fastboot Tool bisa kamu coba gunakan untuk mengatasi HP lemot. Istilah 'Bloatware' berarti aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat, yang menghabiskan lebih banyak ruang, dan umumnya tidak berguna bagi pengguna.

Misalnya, Opera, Facebook, Netflix, Amazon, dan lain-lain. Kecuali jika kamu melakukan root pada perangkat, kamu tidak dapat menghapus atau menonaktifkan bloatware. Namun ada cara hapus bloatware Xiaomi tanpa harus root HP.

Xiaomi melakukan banyak pemotongan biaya dan mencoba mendapat untung di area lain seperti iklan target (iklan absurd di aplikasi MIUI), mendorong pengguna untuk menggunakan aplikasi MIUI yang sudah diinstal sebelumnya (Bloatware), dan banyak lagi.

Baca Juga:
Cara Setting Developer Option di MIUI agar Tidak Lag saat Ngegame

Berikut cara hapus bloatware Xiaomi pakai ADB Fastboot Tool yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Hapus Bloatware Xiaomi Pakai ADB Fastboot Tool

1. Install ADB Fastboot Tool di PC
2. Pastikan USB Debugging dihidupkan.
3. Unduh App Inspector untuk mengetahui nama paket aplikasi.
4. Hubungkan perangkat Xiaomi ke PC menggunakan kabel USB.
5. Buka Command prompt dan ketik: "adb devices" untuk memeriksa apakah perangkat sudah terhubung
6. Masukkan perintah: "adb shell"
7. Temukan nama paket aplikasi sistem menggunakan App Inspector. Biasanya diawali dengan “com. …”
8. Masukkan perintah berikut: "pm uninstall -k --user <nama paket>". Misalnya, jika kamu ingin menghapus Facebook, perintahnya adalah sebagai berikut: pm uninstall -k --user com.facebook.katana

Baca Juga:
6 Fakta Nusantara Project OS Android Racikan Tanah Air Bikin HP Enteng

Melalui metode ini, kamu dapat dengan mudah menghapus bloatware dari perangkat MIUI tanpa root. Jika kamu menemukan bug atau sistem crash, kamu dapat mengatur ulang telepon, dan perangkat Xiaomi akan kembali normal.

Selain itu, penghapusan bloatware Xiaomi juga dapat dilakukan dengan rooting. Sebenarnya, ini adalah metode yang rumit. Prosedur rooting yang gagal dapat merusak HP kamu. Ingatlah bahwa mencopot pemasangan aplikasi tertentu seperti Mi Security akan merusak sistem operasi HP.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk melakukan riset tentang aplikasi apa yang dapat kamu copot pemasangannya sebelum melanjutkan. Itulah cara hapus Bloatware Xiaomi dengan ADB Fastboot Tool yang bisa kamu coba.

Baca Juga:
Cara Masuk Recovery Mode HP Android Segala Tipe

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins