Rabu, 04 Januari 2023 | 17:34 WIB

6 Perbedaan Macbook vs Laptop, Mana yang Paling Cocok untuk Kamu

Agung Pratnyawan
Laptop vs Macbook. (HiTekno.com)
Laptop vs Macbook. (HiTekno.com)

Tech.hitekno.com - Ketahui ada beberapa perbedaan Macbook vs Laptop yang paling mencolok dan mendasar dari kedua perangkat. Sama-sama perangkat mobile, namun jangan sampai salah beli.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli perangkat komputer mobile, karena ada pilihan Macbook vs Laptop yang berada di kelas ini.

Sama-sama fungsi dan kegunaannya, namun ada perbedaan yang dihadirkan kedua perangkat ini. Karena itu, ketahui mana yang paling cocok untuk kamu.

Baca Juga: Tips Memilih Laptop: Perhatikan 6 Faktor Ini sebelum Beli

Nah, berikut ini tim HiTekno.com rangkum ada enam perbedaan Macbook vs laptop yang harus kamu ketahui.

1. Bentuk Desain

Secara visual dan bentuk, produk-produk Apple diakui banyak kalangan memang lebih elegan dibanding dengan Laptop pada umumnya. Apple memang sangat memperhitungkan tampilan desain saat akan merilis produk Macbook mereka.

Baca Juga: Spesifikasi Lenovo IdeaPad Duet 5i: Laptop 2-in-1 Ringan dengan RAM 16 GB

Mereka mempertimbangkan mulai dari bahan hingga ukuran dari Macbook yang akan mereka rilis dengan riset pasar High-End dan Luxurious nya.

Untuk Laptop sendiri lebih tergantung pada peruntukan hardwarenya. Laptop gaming contohnya, desainnya akan lebih berkesan futuristik dan gahar dengan berbagai lekukan di kanan dan kirinya.

Ataupun Laptop standar yang terkesan tebal. Namun, beberapa Laptop juga saat ini menggunakan desain yang juga gak kalah elegant dibanding Macbook. Semisal saja, Asus Vivobook yang dirilis dengan desain yang tipis dan berbahan metal.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Browser Ringan untuk Laptop yang Aman dan Cepat

Ilustrasi Macbook dan Laptop. (kolase HiTekno.com)
Ilustrasi Macbook dan Laptop. (kolase HiTekno.com)

 

2. Fitur dan Interface

Setiap OS memiliki interface yang cukup berbeda satu dan lainnya. Walau demikian OS Linux dan Windows yang terdapat pada laptop memiliki User interface yang cukup mirip.

Berbeda dengan keduanya, MacOS di Macbook memiliki interface yang sedikit berbeda dibanding dengan Laptop OS pada umumnya.

Untuk kamu yang biasa menggunakan Laptop Windows, pasti akrab dengan tanda silang pada pojok kanan atas aplikasi Windows. Bila kamu klik tanda (x) itu maka aplikasi akan tertutup dan benar-benar tertutup.

Berbeda dengan Windows, Macbook dengan MacOS hanya memiliki tombol merah di ujung kiri aplikasi nya yang berfungsi untuk me-minimize aplikasi tersebut, bukan untuk menutupnya. Jika kamu, hendak benar-benar menutupnya, kamu harus klik kanan di icon bergambar MacOs lalu pilih Quit.

Pada Laptop Windows, secara default taskbar terletak di bawah. Sebaliknya, taskbar Macbook secara default terletak di atas, mirip dengan Laptop dengan OS Linux terutama Linux Ubuntu.

3. Hardware

Laptop dapat dengan mudah di upgrade dengan membeli perangkat yang sesuai di pasaran. Terdapat berbagai macam merk hardware untuk ditambahkan pada Laptop kamu.

Berbeda dengan Laptop, Apple men-setting hardwarenya untuk tidak mudah diutak-atik sehingga mempersulit kamu untuk meng-upgradenya.

Hal ini dikarenakan Apple memiliki prinsip untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin tentang apa yang penggunanya butuhkan, termasuk soal upgrade yang mewajibkan kamu beralih ke Macbook seri lainnya ataupun mengunjungi Apple Authorize store.

4. OS dan Software

Sistem Operasi merupakan perbedaan mendasar diantara Macbook dan Laptop. Macbook menggunakan Sistem Operasi Macintosh atau bisa kamu singkat menjadi MacOS yang merupakan bundle OS yang dirilis oleh Apple bersama dengan perangkat Macbooknya.

Macbook dengan MacOs nya lebih mengutamakan pengalaman pengguna dengan orientasi multimedia dan eleganitas pengguna office tools.

Berbeda dengan MacOS, Laptop dapat menggunakan OS lebih Universal. Laptop dirancang untuk dapat menjalankan Sistem Operasi Linux maupun Windows. Kamu dapat menginstall Laptop kamu menggunakan sistem operasi Linux yang bisa kamu dapatkan secara gratis di website official distribusinya.

Selain itu, untuk pengalaman yang lebih baik, kamu juga dapat menginstal Laptop kamu menggunakan sistem operasi Windows yang dirilis oleh Microsoft secara berbayar.

Laptop yang memiliki sistem operasi Windows lebih mengutamakan kemudahan dalam berbagai aktifitas penggunanya terutama untuk gamer. Untuk kamu yang suka game, sangat disarankan memilih Laptop dengan OS Windows.

Selain itu, Windows dan MacOs juga memiliki perbedaan yang cukup mendasar dalam hal Sinkronisasi antar gadget lainnya.

Hal ini dikarenakan, Macbook dengan MacOs nya akan sangat mudah di sinkronkan dengan gadget dari apple lainnya, semisal Iphone ataupun Ipad yang memungkinkan penggunanya mengakses hal-hal yang ada pada gadget tersebut, seperti kalender, kontak, catatan, dan bahkan pesan teks dengan mudah.

Untuk ketersediaan software sendiri, Laptop dengan sistem operasi Windows lebih di support oleh banyak developer aplikasi, baik berbayar maupun gratis. Terlebih lagi untuk sisi gaming nya, Windows didukung banyak produsen PC Gaming.

Hal ini, merupakan kekurangan dari MacOs yang hampir tidak memiliki Game 3A sama sekali. Laptop dengan sistem operasi Linux pun juga didukung oleh cukup banyak repository karena merupakan Open Source Operating sistem yang dapat dikembangkan oleh banyak orang.

macOS Monterey. (Apple)
macOS Monterey. (Apple)

 

5. Security

Dibanding jumlah pengguna Laptop, pengguna Macbook tergolong lebih sedikit dan eksklusif. Karena itu Macbook masih relatif lebih aman dibandingkan dengan laptop. Laptop dengan sistem operasi Windows kerap kali menjadi korban hacking dan hal ini yang menyebabkan adanya pembuatan anti-virus.

Meski begitu, komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman kejahatan cyber, seperti yang dilakukan beberapa malware MacOs "LuckyCat" yang menyerang Macbook sehingga Apple mencabut slogan "bebas virus" untuk produknya.

6. Harga

Soal harga, Macbook cenderung lebih mahal di pasaran dibanding Laptop. Dengan perangkat keras yang sama, Laptop cenderung lebih bersahabat dalam menentukan harga. Tak heran, kalau penjualan Laptop lebih tinggi dibanding dengan Macbook.

Itulah perbedaan Macbook vs Laptop yang harus kamu mengerti untuk mencari tahu mana yang lebih cocok.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami