Sabtu, 14 Januari 2023 | 10:10 WIB

Pengiriman PC Menurun Drastis, Mungkinkah Ini Eranya Tablet?

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi laptop. (Pixabay)
Ilustrasi laptop. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - Selama musim liburan, pengiriman PC mengalami penurunan terbesar yang pernah ada, dengan statistik penjualan menunjukkan dampak penuh dari kerugian tersebut.

Dilansir dari Gizmochina, menurut IDC, pengiriman PC menurun sebesar 28%, sementara Gartner memperkirakan penurunan 28,5% dan Canalys penurunan 29%. Sejak 1990-an, Gartner telah mengawasi industri komputer, dan ini merupakan penurunan kuartalan terburuk yang pernah mereka lihat.

Beberapa alasan mungkin telah berkontribusi pada penurunan pengiriman PC. Kebutuhan akan alat kerja jarak jauh telah menurun karena lebih banyak orang kembali bekerja kantoran.

Baca Juga: Sinopsis Buddy Daddies, Anime Baru Tahun 2023 yang Ciamik Buat Disaksikan

Peningkatan penjualan PC selama epidemi terutama dikaitkan dengan tren kerja jarak jauh. Karyawan tidak lagi diwajibkan untuk bekerja dari rumah secara teratur seperti sebelumnya karena lebih banyak bisnis mengadopsi metode kerja hybrid. Hal ini mengakibatkan penurunan permintaan PC.

Ekonomi global yang melemah juga telah memberi banyak orang lebih sedikit uang untuk diinvestasikan dalam renovasi. Pabrikan terkemuka telah menderita kerugian dua digit, dengan Dell dan Acer menderita kerugian terburuk, dengan pengiriman masing-masing turun 37% dan 41%.

Lenovo dan HP mengalami penurunan besar masing-masing sebesar 29% dan 28%. Pengecer dan distributor juga terkena dampak dari penurunan pengiriman PC selain pembuat PC. Karena penurunan penjualan, beberapa dari mereka telah melihat penurunan pendapatan dan pendapatan mereka. Selain itu, hal ini menyebabkan penurunan nilai saham mereka.

Baca Juga: Cara Screenshot dan Rekam Layar HP Samsung

Analis dengan hati-hati berharap tentang masa depan industri PC meskipun ada penurunan. Canalys dan IDC telah memperkirakan kebangkitan untuk paruh kedua tahun 2023 atau 2024.

Menurut mereka, pembelian yang ditunda akan mulai meningkatkan pasar pada akhir 2023, dengan momentum yang dibangun pada tahun 2024 setelah perusahaan dan konsumen melewati badai. Orang-orang akan mulai membelanjakan lebih banyak untuk peningkatan seiring dengan penguatan ekonomi global, yang akan meningkatkan penjualan PC.

Namun, menurut peneliti Gartner Mikako Kitagawa, kemerosotan itu bisa berlangsung hingga awal 2024. Dia percaya bahwa pasar mungkin tidak akan bangkit kembali secepat yang dipikirkan beberapa orang. Dia percaya bahwa mungkin perlu beberapa waktu bagi pasar untuk pulih sepenuhnya dan itu bisa menjadi proses yang lambat.

Baca Juga: 12 Aplikasi Baca Komik di Android, Wibu Wajib Tahu

Produsen PC mungkin perlu mempertimbangkan model baru dan pengurangan harga agar tetap kompetitif. Meskipun industri PC sekarang mungkin sedang berjuang, dengan pemulihan yang diantisipasi, produsen PC mungkin menantikan masa-masa yang lebih cerah di masa depan. Mereka harus berkonsentrasi pada pengembangan barang-barang segar yang mengatasi pergeseran permintaan klien mereka.

Selain itu, belakangan ini mulai banyak beredar tablet mumpuni dengan harga terjangkau yang diluncurkan oleh para produsen ponsel. Ini membuat mereka yang cuma butuh komputasi ringan seperti edit dokumen, membuat file presentasi dan semacamnya lebih memilih gadget tersebut daripada laptop dalam rentang harga yang sama.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami