Rabu, 18 Januari 2023 | 09:53 WIB

Banyak Diminati, Pasar Smartphone Lipat Tumbuh Pesat

Cesar Uji Tawakal
Harga dan spesifikasi Oppo Find N2 Flip. (Oppo China)
Harga dan spesifikasi Oppo Find N2 Flip. (Oppo China)

Tech.hitekno.com - Firma riset Trendforce telah memproyeksikan pasar smartphone lipat global tumbuh sekitar 45 persen tahun ini.

Dilansir dari Android Headlines, dalam laporan penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, perusahaan mengatakan bahwa sekitar 18,5 juta barang yang dapat dilipat diperkirakan akan dikirim secara global pada tahun 2023. Angka tahun 2022 sebanyak 12,8 juta unit.

Samsung secara mengejutkan merebut sebagian besar pasar lipat tahun lalu. Perangkat lipat Galaxy-nya menyumbang sekitar 82 persen dari semua perangkat tersebut yang dijual di seluruh dunia sepanjang tahun 2022.

Baca Juga: 4 Sepeda Listrik Murah Buatan Dalam Negeri, Lengkap dengan Spesifikasi dan Harganya

Raksasa Korea tidak memiliki banyak pesaing di bidang ini. Sebagian besar perusahaan lain dengan smartphone lipat saat ini, seperti Xiaomi dan Oppo, hanya diedarkan terbatas di China.

Samsung juga harus tetap berada di puncak tahun ini, tetapi pangsa pasarnya mungkin turun secara signifikan karena lebih banyak merek memasuki pasar. Laporan menunjukkan sebanyak sepuluh perusahaan akan meluncurkan ponsel lipat pada 2023.

Sayangnya, laporan Trendforce tidak merinci pangsa pasar yang dapat dilipat dari berbagai vendor untuk tahun 2023. Laporan ini terutama berfokus pada pasar untuk engsel yang masuk ke dalam ponsel ini.

Baca Juga: Mencekam dan Tragis, Detail Jatuhnya Pesawat Yeti Airlines Diungkap FlightRadar24

Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)
Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)

Menurut perusahaan, nilai pasar global untuk engsel yang digunakan dalam perangkat lipat akan meningkat 14,6 persen tahun-ke-tahun (YoY) yang sehat pada tahun 2023 untuk mencapai lebih dari $500 juta.

Smartphone lipat saat ini menggunakan engsel berbentuk tetesan "air mata" atau berbentuk U. Jenis engsel "air mata" membantu mengurangi lipatan di sepanjang garis lipatan pada layar lipat bagian dalam lebih dari yang terakhir.

Perangkat lipat Galaxy Samsung memiliki engsel berbentuk U. Tidak mengherankan, lipatan layar telah menjadi salah satu keluhan terbesar dengan perangkat ini.

Baca Juga: Realme 9 Pro Plus 5G vs Realme 10 Pro Plus: Sektor Mana Saja yang Diupgrade?

Tetapi perusahaan tampaknya tidak beralih ke engsel berbentuk tetesan air mata pada Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 tahun ini.

Sebaliknya, mungkin menggunakan metode lain untuk mengurangi lipatan. Perusahaan Korea itu dilaporkan mendiversifikasi rantai pasokan engselnya untuk memangkas biaya.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami