Kamis, 19 Januari 2023 | 09:30 WIB

Bikin Penasaran, Ini 5 Alasan Mengapa Linux Populer di Kalangan Programmer

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi komputer. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi komputer. (Pexels/Sora Shimazaki)

Tech.hitekno.com - Linux adalah sistem operasi open source dan gratis yang digunakan oleh banyak programme dari seluruh dunia. Memang, bagi masyarakat awam pada umumnya, sistem operasi Linux ini tidak terlalu terkenal.

Banyak orang lebih sering menggunakan Windows atau Mac OS untuk menemani mobilitas kerja mereka. Ya, ada beberapa alasan yang cukup masuk akal mengapa Linux jadi sistem operasi kesayangan programmer.

Biasanya, programmer bekerja dengan perangkat lunak Linux karena ini adalah sistem operasi sumber terbuka gratis yang sangat andal dan memberi kontrol penuh kepada programmer dengan penyesuaian.

Baca Juga: Cara Membuat ID Apple Baru di iPhone Bekas, Ini Tutorialnya

Sekitar seperempat dari semua pengembang di dunia menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka dan popularitasnya semakin meningkat sejak dirilis pada tahun 1991. Tapi mengapa para programmer ini suka menggunakan Linux?

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa programmer menggunakan Linux:

1. Keandalan & Keamanan

Baca Juga: Cara Membuat Pesan Rahasia di Telegram untuk Android dan iOS

Linux sangat aman dan andal. Pengembang terus memperbarui sistem operasi dengan perbaikan yang menghadirkan risiko keamanan apa pun.

Selain itu, versi open-source Linux tidak banyak digunakan oleh masyarakat umum sehingga sangat sedikit virus yang dibuat untuk itu.

Memiliki tim yang terus-menerus dipelihara dan dikembangkan, hanya ada sedikit orang yang bisa meretak teknologinya. Ini menawarkan keamanan terbaik.

Baca Juga: Xiaomi 12 Dapat Update MIUI 14, Ini Detailnya

Linux sangat andal dan aman sehingga dari 1 juta server web saat ini, 96,4% di antaranya menggunakannya sebagai sistem operasi mereka.

2. Open Source

Open source berarti teknologi dibuat dan dikelola oleh komunitas orang secara gratis. Para programmer tidak perlu membayar perusahaan untuk melisensikan dan menggunakan Linux seperti yang mereka lakukan dengan Windows atau mac OS.

Keuntungan dari hal ini berarti Linux terus diperbarui dan dibagikan secara gratis. Kamu juga dapat menggunakan alat sumber terbuka seperti Wine untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, sehingga kamu akan mendapatkan yang terbaik dari keduanya.

3. Kebebasan Kontrol dan Penyesuain

Bisa dibilang alasan paling penting bagi para programmer menggunakan Linux adalah karena tingkat kontrol dan penyesuaian yang dimungkinkan.

Hal ini memungkinkan programmer untuk menyesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan mereka dan benar-benar inovatif dalam pendekatan mereka.

Sebagai seorang insinyur perangkat lunak, kamu akan benar-benar dapat mengubah bagian mana pun dari sistem operasi. Dari mengubah lingkungan desktop hingga menghapus GUI.

Linux tidak hanya lebih cepat dari Windows dan mac OS tetapi juga menggunakan lebih sedikit sumber daya komputer kamu. Penggunaan CPU yang lebih sedikit berarti masa pakai baterai yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih mulus secara keseluruhan.

Sebagai perbandingan, penginstalan Windows 10 akan memakan sekitar 15 GB ruang penyimpanan di perangkat kamu. Sebaliknya, instalasi dasar Linux hanya membutuhkan 4GB. Jadi kalau ada yang lebih ekonomis, kenapa tidak?

4. Independensi dan interoperabilitas

Manfaat utama Linux adalah platform-independen yang berjalan dengan lancar di ponsel, laptop, smart TV, dan bahkan superkomputer.

Sifatnya yang open-source membuat Linux dapat dengan mudah dipindahkan ke arsitektur lain oleh pengembang mana pun yang ingin melakukannya.

5. Mendukung banyak pemrograman Bahasa

Ini adalah alasan yang paling masuk akal mengapa programmer banyak yang menggunakan sistem operasi Linux.

Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak tool-tool gratis yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini daftar bahasa pemrograman yang didukung di Linux:

  • C
  • C++
  • C# (Menggunakan Monodevelop)
  • Pascal (Menggunakan FPC dan Lazarus)
  • Javascript
  • Basic/VB (Menggunakan Gambas)
  • Java
  • Python
  • Ruby
  • Perl
  • PHP
  • Go
  • Baik
  • dsb.

Itulah beberapa alasan mengapa para programmer lebih suka menggunakan sistem operasi Linux ketimbang yang lain.

Kontributor: Damai Lestari

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami