Jum'at, 20 Januari 2023 | 17:38 WIB

5 Bulan Diluncurkan, Android 13 Sudah Tumbuh 5 Persen Lebih

Cesar Uji Tawakal
Android 13. (Android)
Android 13. (Android)

Tech.hitekno.com - Berbagai pembuat smartphone telah bergegas untuk merilis sistem operasi Android 13 untuk perangkatnya. Sekarang, angka distribusi Android resmi terbaru dari Google telah mengungkapkan bahwa versi terbaru sekarang berjalan pada sejumlah smartphone yang layak.

Dilansir dari Gizmochina, iterasi terbaru dari OS Android saat ini ada di 5.2 persen dari semua perangkat bertenaga Android. Meskipun angka ini tidak terlalu besar, itu masih cukup mengesankan mengingat pembaruan terbaru baru berusia lima bulan.

Jadi bahkan sebelum enam bulan dirilis, sudah ada jutaan ponsel yang berjalan di versi baru. Dalam beberapa tahun terakhir, Google belum konsisten dalam nomor distribusi Android resminya, tetapi Android Studio baru saja membagikan laporan untuk tahun 2023, yang menunjukkan kepada kita seberapa cepat OEM telah mengadopsi sistem operasi baru.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram Bikin Ponselmu Tak Banjir Notifikasi

Saat ini, Android 13 sekarang berjalan di 5,2 persen dari semua perangkat, sedangkan Android 12 dan Android 12L menyumbang 18,9 persen dari jumlah total. Ini menandai kenaikan signifikan dari hanya 13,5 persen dari Agustus 2022.

Karena iterasi yang lebih baru menjadi lebih umum, versi yang lebih lama mengalami penurunan, dengan Android Oreo akhirnya turun di bawah 10 persen. Yang cukup menarik, Jelly Bean yang sebelumnya ditemukan sebesar 0,3 persen tidak lagi dapat ditemukan dalam daftar ini.

Sementara itu, KitKat telah turun menjadi 0,7 persen pada 2023, turun dari 0,9 persen pada Agustus tahun lalu.

Baca Juga: Samsung Kenalkan Prototipe HP Lipat Anyar, Engsel Dapat Berputar 360 Derajat!

Bertambahnya cepat Android 13 tidak diragukan lagi berkat merek smartphone seperti Samsung, Google, OnePlus, dan OEM populer lainnya yang telah meluncurkan ponsel baru dengan OS Android terbaru di luar kotak.

Meskipun, perusahaan-perusahaan ini juga telah proaktif dalam memperbarui model smartphone mereka yang ada ke versi terbaru.

Baca Juga: Spesifikasi Sharp LED TV AQUOS IIOTO: TV Digital 42 Inci dengan Google Assistant dan Azan Reminder

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami