Sabtu, 21 Januari 2023 | 16:08 WIB

Cara Setting Parabola untuk Tangkap Sinyal TV Digital

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi TV - menonton TV (Pixabay)
Ilustrasi TV - menonton TV (Pixabay)

Hitekno.com - Cara setting parabola untuk tangkap sinyal TV digital cukup sederhana. Meski begitu masih banyak yang belum mengerti cara settingnya. Parabola lama ataupun parabola mini bisa digunakan untuk menangkap sinyal TV Digital atau dengan kata lain receiver parabola lama dan parabola mini bisa dipakai STB TV Digital.

Siaran TV analog mulai hari ini, Rabu, 2 November 2022 resmi diberhentikan. Pemerintah mengganti siaran TV analog ke TV digital yang memiliki kualitas gambar lebih jernih. Dengan kehadiran TV Digital yang siarannya jernih, pengguna antena parabola juga mulai beralih ke TV Digital.

Pengguna parabola harus membeli STB untuk bisa menikmati siaran TV Digital. Namun jangan khawatir, receiver parabola lama atau parabola bekas bisa digunakan menangkap sinyal TV Digital seperti halnya STB. Bagaimana caranya? Berikut cara setting parabola untuk tangkap sinyal TV digital yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parabola Mini Murah Bisa Indoor, Bisa Jadi Alternatif STB

Cara Setting Parabola untuk Tangkap Sinyal TV Digital

1. Lepas kabel antena parabola yang terpasang di receiver parabola.
2. Pasangkan ujung kabel itu ke colokan antena di TV (bagi TV yang sudah dilengkapi perangkat siaran TV digital) atau colokkan pada colokan antena di STB.
3. Lepaskan ujung kabel yang sebelumnya menempel pada LNB parabola.
4. Setelah dilepas, kupas ujung antena lebih panjang dan pisahkan bagian kabel serabut dengan kabel tunggal.
5. Lilitkan kabel tunggal pada bagian colokan LNB. Sedangkan kabel serabut antena ditempelkan pada gagang atau di bagian tubuh antena parabola.
6. Lakukan pencarian siaran TV digital di TV.

Parabola yang Bisa Dijadikan STB

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Instagram Ngelag di Android ataupun iPhone

• Skybox A1 Combo HD
• Nex Parabola Combo
• TNT Star X01

Receiver parabola bekas atau parabola lama maupun receiver parabola mini yang bisa dipakai untuk menangkap sinyal TV Digital. Kamu perlu colokan antena TV UHF (TV Biasa) di bagian belakang receiver.

Jika ingin mengecek apakah lokasi atau wilayah kamu sudah mendapatkan siaran TV digital atau belum, bisa cek situs siaran digital.kominfo.go.id/ informasi/lembaga-penyiaran atau mengunduh aplikasi sinyalTVDigital di Google Play Store.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Parabola Mini, Jangan Salah Beli

Itulah cara setting parabola untuk menangkap siaran TV digital yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami