Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:01 WIB

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab A8 LTE vs Nokia T21

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi tablet. (HiTekno.com)
Ilustrasi tablet. (HiTekno.com)

Tech.hitekno.com - Seperti diketahui, Samsung Galaxy Tab A8 LTE masih menjadi pilihan jika seseorang ingin membeli tablet.

Meski demikian, perangkat buatan perusahaan Samsung tersebut terkadang dibanding-bandingkan dengan Nokia T21 yang tak kalah kekinian.

Apalagi harga kedua produk tersebut juga tak beda jauh. Tab A8 LTE dijual dengan harga R4 jutaan sementara Nokia T21 dibanderol Rp3,5 jutaan. Lalu apa perbedaan dari dua produk tersebut?

Baca Juga: 10 Opsi HP Murah 1 Jutaan Rupiah dari Berbagai Merek, Samsung hingga Xiaomi

Berikut ini Hitekno.com coba membandingkan spesifikasi Samsung Tab A8 LTE dengan Nokia T21.

Samsung Galaxy Tab A8 LTE

Samsung Galaxy Tab A8 WiFi. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A8 WiFi. (Samsung)

Samsung Galaxy Tab A8 secara resmi diumumkan pada 15 Desember 2021. Produk yang satu ini menawarkan harga murah saat iPad yang kala itu viral dan sedang digandrungi dibanderol dengan harga yang mahal.

Baca Juga: Harga Berlangganan TV Kabel Indihome, Mulai dari Rp 5000

Samsung Galaxy Tab A8 LTE hadir dalam berbagai warna yang bisa kamu pilih yakni Gray, Silver, dan Pink Gold. Perangkat dipersenjatai dengan baterai Li-Po 7040 mAh yang tidak dapat dilepas + Pengisian cepat 15W. 

Tablet ini hadir dalam dimensi 246.8 x 161.9 x 6.9 mm dan berat 508 gram yang rasanya tidak terlalu berat untuk ukuran tablet.

Soal kamera, Samsung Galaxy Tab A8 10.5 dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 8 MP. Sedangkan di depan ada kamera 5 MP untuk kebutuhan selfie. 

Baca Juga: Rekomendasi Enam Parabola Mini untuk TV Terbaik, Mulai 100 Ribuan

Layaknya kebanyakan tablet, Galaxy Tab A8 ini juga tidak dibekali kamera berkualitas tinggi karena itu memang bukan fokus utamanya. Meski demikian soal speaker, gadget ini telah terintegrasi dengan empat pengeras suara stereo.

Tablet ini ditenagai oleh prosesor Unisoc Tiger T618 dan tablet ini hadir dengan layar berukuran 10,5 inci yang memiliki layar sentuh kapasitif TFT. Tablet ini menyediakan resolusi 1200 x 1920 piksel.

Gadget keren andalan Samsung ini dikemas dengan 3 GB dan 4 GB RAM dan 32 GB, 64 GB, dan 128 GB penyimpanan internal. 

Bahkan, pengguna dapat memperluas penyimpanan internal dengan microSDXC (slot khusus). Sensor termasuk Sidik Jari (dipasang di samping), akselerometer, gyro, kedekatan, dan kompas.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, performa Samsung Galaxy Tab A8 berhasil meraih skor sebesar 207.338 poin di aplikasi AnTuTu Benchmark. Angka yang cukup lumayan mengingat ini tablet.

Nokia T21

Harga dan spesifikasi Nokia T21 di Indonesia. (Nokia)
Harga dan spesifikasi Nokia T21 di Indonesia. (Nokia)

Sebagai produk buatan Nokia, kamu tentu tak boleh asal memandang rendah Nokia T21, meski memang, tablet yang satu ini tidak terlalu terkenal di kalangan pecinta gadget tanah air.

Nokia T21 dibekali dengan layar berukuran 10,36 inci dan jenis layarnya adalah IPS LCD capacitive touchscreen yang akan memberi output 1200 x 2000 piksel. Layar dilindungi oleh kaca anti gores, jadi jangan khawatir dengan goresan kecil.

Produk buatan perusahaan asal Finlandia itu memiliki satu kamera beresolusi 8 MP di belakang, sementara di bagian depan terdapat 8 MP yang rasanya cukup jika hanya digunakan untuk selfie atau zoom meeting.

Nokia T21 berjalan pada sistem operasi Android 12 dan ditenagai oleh prosesor Unisoc Tiger T612 Octa-core. Produk ini dikemas dengan RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB. 

Mengacu pada jeroan tersebut, skor AnTuTu 9 Tiger T612 ada di kisaran 210 ribuan. Angka yang sedikit lebih tinggi ketimbang Samsung Galaxy Tab A8.

Beralih ke ketahanan baterai, tenang saja, T21 dibekali dengan baterai Li-Po 8200 mAh Non-removable yang kuat + Pengisian cepat 18W + USB Power Delivery 3.0.

Itulah perbandingan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A8 LTE dan Nokia T21. Dilihat dari segi performa, sudah jelas kan?

Kontributor: Damai Lestari

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami