Rabu, 25 Januari 2023 | 15:13 WIB

Mengenal Apa Itu Chromebook serta Keunggulannya Dibanding Laptop dan Tablet

Cesar Uji Tawakal
Spesifikasi Chromebook IdeaPad Flex 3i. (Lenovo)
Spesifikasi Chromebook IdeaPad Flex 3i. (Lenovo)

Tech.hitekno.com - Belakangan ini, konsumen cukup dimanjakan dengan banyaknya opsi gadget murah untuk keperluan produktif.

Gadget tersebut antara lain berwujud tablet yang kini kian canggih, laptop, serta Chromebook.

Mana yang paling pas buat kamu? Simak dulu perbandingan yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca Juga: Daftar iPhone Lawas yang Mendapat Update iOS 15.5.7

Perbedaan Chromebook dengan laptop yang perlu kamu tahu

Asus Chromebook Vibe CX34 Flip. (Asus)
Asus Chromebook Vibe CX34 Flip. (Asus)

Chromebook dan laptop keduanya adalah komputer portabel, tetapi keduanya berbeda dalam beberapa hal.

Chromebook adalah semacam komputer berjalan di sistem operasi ChromeOS Google, sementara laptop biasanya berjalan di Windows, Ubuntu, atau sistem operasi lainnya.

Baca Juga: Asing di Telinga, Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang MediaTek Kompanio

Selain itu, perlu disimak bahwa Chromebook umumnya memiliki spesifikasi yang lebih rendah daripada laptop, dan mereka sangat bergantung pada koneksi internet untuk mengakses aplikasi dan layanan.

Tak cuma itu, Chromebook juga tidak mendukung perangkat lunak Microsoft Office atau Adobe, tetapi mereka dapat mengakses Google Dokumen, Slide, dan aplikasi Google lainnya.

Tetapi untuk model Chromebook yang lebih baru dapat mengakses aplikasi Android. Pada akhirnya, pilihan antara Chromebook dan laptop tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan RAM Plus di Samsung Galaxy A14 5G, Kapasitas RAM hingga 12 GB

Chromebook paling cocok untuk pekerjaan web seperti menjelajahi web, mengerjakan dokumen secara online, dan menggunakan layanan streaming web.

Mereka adalah alternatif yang ramah anggaran untuk laptop Windows atau MacBook dan berjalan di sistem operasi Google Chrome OS. Chromebook bagus untuk keluarga, sekolah, dan bisnis karena keterjangkauan dan kemudahan penggunaannya.

Mereka juga ringan dan tipis, menjadikannya pilihan yang bagus untuk pelancong. Selain itu, Chromebook paling baik digunakan dengan Google Workspace yang mencakup aplikasi setara M365 Google.

Tablet kini bisa dibubuhi aksesoris seperti mouse dan keyboard, apakah mereka setara dengan Chromebook?

Tablet gaming Lenovo Legion Y700. (Lenovo China)
Tablet gaming Lenovo Legion Y700. (Lenovo China)

Chromebook dan tablet adalah alat produktivitas canggih yang dapat digunakan untuk berbagai tugas, mulai dari mengirim email hingga panggilan video. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua perangkat.

Chromebook berjalan di Chrome OS, sedangkan tablet dapat berjalan di Android, iOS, atau Windows. Chromebook memiliki keyboard dan trackpad yang berfungsi penuh, serta port untuk menghubungkan monitor kedua, perangkat USB, headphone, dan pembaca kartu SD.

Tablet tidak memiliki keyboard fisik yang terpasang dan mungkin tidak memiliki tingkat kompatibilitas yang sama dengan aksesori.

Chromebook juga menawarkan pembaruan platform dan keamanan selama 8 tahun, sementara tablet mungkin tidak menerima tingkat dukungan yang sama.

Selain itu, Chromebook lebih cenderung kompatibel dengan aplikasi yang tersedia di Chrome Store daripada tablet yang menjalankan Android atau iOS.

Secara keseluruhan, Chromebook mungkin lebih cocok untuk mereka yang membutuhkan perangkat seperti laptop dengan fungsionalitas keyboard penuh dan akses ke berbagai aplikasi.

Sementara itu tablet mungkin lebih cocok untuk mereka yang membutuhkan perangkat terutama untuk tujuan hiburan atau tugas kerja ringan.

Berita Terkait

Tag

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda