Jum'at, 27 Januari 2023 | 20:58 WIB

Pakar Ungkap Tekanan Barat ke China Soal Semikonduktor Bisa Jadi Bumerang

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Tech.hitekno.com - Perang teknologi AS-China semakin menarik dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Belanda terlibat dalam pembicaraan diplomatik untuk meningkatkan sanksi pada ekspor semikonduktor ke China.

Dilansir dari Gizmochina, AS menekan Jepang dan Belanda untuk meningkatkan daftar sanksi yang sudah panjang dan praktis melarang ekspor mesin, teknologi, personel, dan pengetahuan teknis apa pun ke raksasa Asia, yang merupakan konsumen semikonduktor terbesar di dunia.

Sanksi yang ada telah mempengaruhi industri semikonduktor global, terutama pemasok utama seperti ASML Holdings dari Belanda dan Tokyo Electron dari Jepang.

Baca Juga: Pengiriman HP di India Turun pada 2022, Tapi Segmen Premium Berkembang Pesat

CEO ASML, Peter Wennink mengatakan bahwa jika barat terus meningkatkan sanksi, China pada akhirnya akan belajar bagaimana memproduksi chipnya sendiri.

Hanya masalah waktu sebelum mereka belajar cara membuat peralatan manufaktur semikonduktor dan menjadi sepenuhnya mandiri.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa "Semakin Anda menempatkan mereka di bawah tekanan, semakin besar kemungkinan mereka akan menggandakan upaya mereka."

Baca Juga: Laba Nokia Meroket, Penghasil Cuan Terbanyak Bukanlah HP

China, yang bertujuan untuk menjadi pemimpin global dalam kecerdasan buatan dan komputasi kuantum, membutuhkan pasokan semikonduktor yang tidak terputus untuk mencapai tujuan ini.

Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Namun, pembatasan pandemi dan sanksi AS yang sedang berlangsung telah mengungkap celah dalam rantai pasokan China, semakin memperkuat keyakinan Beijing bahwa otonomi dalam industri semikonduktor adalah satu-satunya cara untuk mencapai dominasi global.

Saat ini, industri semikonduktor China mencakup berbagai macam perusahaan dari perusahaan semikonduktor Fabless seperti ZhaoXin, UNISOC, dan HiSilicon hingga IDM (Integrated Device Manufacturers) seperti Yangtze Memory Technology Corp dan ChangXin memory Technologies.

Baca Juga: Servisnya Mahal, Ini 6 Tips agar HP dengan Layar OLED Bisa Awet

Namun, meskipun perusahaan-perusahaan ini dapat merancang semikonduktor, mereka tidak memiliki teknologi dan kapasitas untuk memproduksinya secara massal, terutama chip mutakhir yang diperlukan untuk Kecerdasan Buatan dan teknologi canggih lainnya.

Misalnya, China seperti setiap negara lain mengandalkan ASML untuk memasok mesin EUV (Extreme Ultraviolet Lithography) yang kompleks, yang diperlukan untuk membuat semikonduktor canggih. EUV digunakan untuk memproduksi secara massal microchip paling canggih (node 7 nm, 5 nm, dan 3 nm).

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami