Senin, 30 Januari 2023 | 12:08 WIB

Banyak yang Belum Tahu, Begini Sejarah GPU HP Kondang Adreno

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi chipset Snapdragon. (OnPhones)
Ilustrasi chipset Snapdragon. (OnPhones)

Tech.hitekno.com - Buat para penggemar gadget termasuk HP, tentu tak asing dengan nama Adreno, yang mana merupakan GPU kondang yang selalu hadir pada chipset Snapdragon.

Buat yang belum tahu, Adreno adalah divisi pengembangan grafis untuk prosesor mobile milik ATI yang kini adalah milik AMD. Nama Adreno sendiri juga merupakan anagram dari Radeon, GPU PC kondang yang dikembangkan oleh AMD.

Kini Adreno adalah merek GPU (graphics processing unit) yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Baca Juga: Facebook Bikin HP Boros Baterai, Mantan Karyawan Ungkap Fakta Miris

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah Adreno dimulai pada tahun 2006, ketika Qualcomm membeli perusahaan ATI Mobile Graphics dan memulai proses pengembangan GPU bernama Adreno.

Saat itu AMD memboyong ATI, namun melepas divisi mobile tersebut ke Qualcomm yang jadi cikal bakal Adreno ini.

Adreno pertama kali digunakan pada prosesor Qualcomm Snapdragon pada tahun 2006 dan sejak saat itu, Adreno terus dikembangkan dan diperbaharui untuk memenuhi kebutuhan aplikasi dan game mobile yang semakin kompleks.

Baca Juga: Xiaomi 11T dan POCO F4 Dapat Update MIUI 14 Berbasis Android 13, Ini Fitur Barunya

Sejak awal pengembangan, Adreno mengalami perkembangan yang cepat dan menjadi salah satu GPU terbaik untuk perangkat mobile.

Adreno sekarang menjadi bagian integral dari prosesor Snapdragon dan membantu menghadirkan pengalaman grafis yang luar biasa untuk pengguna smartphone dan tablet.

Adreno juga menjadi salah satu pilihan utama bagi pengembang game mobile, karena dapat menghadirkan pengalaman grafis yang baik dan efisien.

Baca Juga: Samsung Galaxy S23 Disinyalir Jadi HP Pertama yang Pakai Gorilla Glass Victus 2

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami