Jum'at, 10 Februari 2023 | 20:31 WIB

Fitur di Android 14 Ini Bisa Bikin Ponsel Bebas Bloatware, Kok Bisa?

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Android. (Google)
Ilustrasi Android. (Google)

Tech.hitekno.com - Android 13 belum lama diperkenalkan, tetapi Google sudah bekerja keras di Android 14. Pratinjau pengembang pertama dari versi Android berikutnya sudah keluar, memungkinkan kita mengintip beberapa fitur terbaru yang dibuat Google.

Dilansir dari Android Headlines, ada banyak fitur baru yang menyenangkan yang sudah terekspos ke publik.

Salah satu yang paling menonjol yang telah terlihat adalah opsi baru yang memungkinkan Anda mengawasi, dan dengan mudah menghapus, bloatware yang dipasang oleh operator atau produsen perangkat Anda.

Baca Juga: Fitur Unik di Android 14 Bikin Heboh, Apa yang Spesial?

Android 14 telah menambahkan opsi baru untuk melihat "aplikasi yang diinstal di latar belakang," seperti yang ditemukan oleh Mishaal Rahman dan diterbitkan di XDA.

Ini bukan opsi yang ada di pengguna saat ini, sebaliknya, itu tersembunyi di balik versi terpisah dari aplikasi Pengaturan yang tampaknya dalam pengembangan yang disebut "Spa," yang dijaga di balik bendera pengembang.

Saat membuka menu, Anda akan melihat deskripsi yang mengatakan, "produsen perangkat Anda dapat menginstal aplikasi di perangkat Anda di latar belakang, atau mengizinkan operator Anda dan mitra lain untuk melakukannya."

Baca Juga: Mau Dirilis Dalam Waktu Dekat, Harga Galaxy A54 Meroket, A34 Tembus 5 Jutaan?

Pendiri Android Andy Rubin/Mashable
Pendiri Android Andy Rubin/Mashable

Halaman itu akan mencantumkan aplikasi apa pun yang diinstal di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda, dan itu akan memungkinkan Anda menghapusnya dengan mudah.

Ini kurang umum akhir-akhir ini daripada sebelumnya karena orang-orang mulai memperhatikan, tetapi produsen dan operator telah dikenal untuk menginstal bloatware pada perangkat pengguna di latar belakang.

Tak satu pun dari itu diperlukan agar ponsel Anda berfungsi dengan baik, sehingga dapat dilepas dengan aman.

Baca Juga: Akun IG Bisnis Gadget Cuancuan.id Arief Muhammad Hilang, Netizen: Bangkrut Apa Gimana?

Fitur ini saat ini tersembunyi, dan bagaimanapun juga, ini adalah pratinjau pengembang pertama Android 14.

Itu mungkin berarti kita akan melihatnya dikembangkan menjadi fitur lengkap yang menghadap pengguna atau dihapus dalam beberapa bulan ke depan. Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami