Selasa, 21 Februari 2023 | 16:15 WIB

Google Pixel 7 Tak Dukung Standar 5G Baru

Cesar Uji Tawakal
Google pixel 7. (GSM Arena)
Google pixel 7. (GSM Arena)

Tech.hitekno.com - Industri IT baru-baru ini ramai dengan kabar bahwa smartphone flagship terbaru Google, Pixel 7, tidak mendukung standar 5G terbaru. Ini adalah kekecewaan besar bagi orang-orang yang diharapkan menikmati kecepatan secepat kilat jaringan 5G di perangkat mereka.

Meskipun ini mungkin tampak bukan kemunduran besar saat ini, ada beberapa optimisme yang terlihat: Android 14 dapat memberikan kompatibilitas untuk standar 5G baru ini kepada pemilik Pixel 7.

Dilansir dari GSM Arena, 3GPP bertugas menciptakan standar broadband seluler, dengan 5G menjadi fokus terbaru. Standar tersedia dalam bentuk "rilis," dengan Pixel 7 berjalan pada 3GPP Release 15 yang lebih lama dibandingkan dengan ponsel lain di pasaran saat ini.

Baca Juga: Tecno Spark Go 2023 Siap Rilis di Indonesia, Jadi HP Murah Rp 1 Jutaan

Rilis 15 menjadi standar 5G pertama pada Juni 2018. Itu diikuti pada Juli 2020 oleh Rilis 16, yang didukung Qualcomm dengan Snapdragon X65 pada tahun 2021 dan modem X70 tahun lalu. Rilis 17 diumumkan pada bulan Juni 2022.

Google Pixel 7. (Youtube/Made by Google)
Google Pixel 7. (Youtube/Made by Google)

Menurut Qualcomm, Rilis 16 mencakup "banyak kemajuan pada komponen inti sistem 5G, termasuk cakupan, kapasitas, latensi, daya, mobilitas, keandalan, kesederhanaan penyebaran, dan banyak lagi." Namun, ada beberapa kabar baik bagi penggemar Pixel yang kesal dengan pengumuman ini.

Menurut spekulasi baru-baru ini, dengan diperkenalkannya Android 14, Pixel 7 dapat ditingkatkan ke standar 5G saat ini. Ini akan menempatkan Pixel 7 setara dengan produk andalan lainnya dan memungkinkannya untuk menggunakan jaringan 5G terbaru.

Baca Juga: Tambah Aset, Telkom Akuisisi Ratusan Tower Indosat Ooredoo Hutchison

Menurut Google, "3GPP Release 16 akan direncanakan dalam rilis Android U." Menurut satu interpretasi, Pixel 7 akan diperbarui ke Rilis 16 pada musim gugur. Pixel 8 dikatakan menggunakan modem 5300 yang sama dengan Tensor G3, dengan kemungkinan hanya ponsel yang lebih baru yang akan mendukungnya.

Kemungkinan pembaruan 5G dengan Android 14 adalah prospek menarik yang akan diikuti oleh pecinta Pixel dalam beberapa bulan mendatang. Terima kasih banyak telah membaca posting sampai akhir.

Baca Juga: Android India Bakal Beda dengan Negara Lain, Ini Sebabnya

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami