Senin, 27 Februari 2023 | 14:33 WIB

Microsoft Pakai ChatGPT untuk Kendalikan Robot, Ngeri-Ngeri Sedap

Cesar Uji Tawakal
Logo Microsoft. (Microsoft)
Logo Microsoft. (Microsoft)

Tech.hitekno.com - ChatGPT, chatbot AI yang dibuat oleh OpenAI yang didukung Microsoft, telah menjadi pembicaraan di kota teknologi akhir-akhir ini. Ini mungkin berperilaku tidak menentu di hari-hari awalnya, tetapi pakar industri melihat AI mengubah lanskap internet selama beberapa tahun ke depan.

Dilansir dari Android Headlines, Microsoft tampak tidak ingin membatasi ChatGPT ke komputer Anda. Perusahaan menggunakan alat AI untuk mengontrol robot dan drone.

Sebuah tim peneliti di Microsoft baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah tentang bagaimana mereka memperluas ChatGPT ke robotika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk "melihat apakah ChatGPT dapat berpikir di luar teks, dan alasan tentang dunia fisik untuk membantu tugas-tugas robotika".

Baca Juga: Sempat Viral di Sosial Media, Vira Tampil di BCA Expoversary

Para peneliti ingin membuat interaksi manusia-robot lebih alami menggunakan alat AI. Misalnya, ketika Anda meminta robot asisten rumah Anda untuk "menghangatkan makan siang Anda," itu harus dapat menemukan microwave dengan sendirinya dan menyelesaikan tugas tanpa masukan manusia lebih lanjut.

Mereka menemukan bahwa "ChatGPT dapat melakukan banyak hal dengan sendirinya". Meskipun masih membutuhkan bantuan, seperti dalam situasi di mana instruksinya ambigu, peneliti Microsoft dapat menggunakannya untuk mengontrol lengan robot, drone, dan robot asisten rumah secara intuitif dengan bahasa.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

ChatGPT juga mampu mengontrol drone secara akurat dalam skenario inspeksi industri yang disimulasikan. Peneliti Microsoft menugaskannya untuk menulis "algoritma untuk drone untuk mencapai tujuan di dalam ruang sambil tidak menabrak rintangan," dan itu juga melakukannya secara efektif. Itu bahkan dapat secara lokal membuat perbaikan kode hanya berdasarkan umpan balik bahasa.

Baca Juga: Diminta Ganti Jersey EVOS ke RRQ, Tretan Muslim Malah Sarkas Begini

"Kami percaya bahwa kontrol robotika berbasis bahasa akan menjadi dasar untuk membawa robotika keluar dari laboratorium sains, dan ke tangan pengguna sehari-hari," kata para peneliti.

Penelitian dari Microsoft ini berbicara banyak tentang kemampuan ChatGPT yang belum dimanfaatkan dan alat AI serupa. Tentu saja, banyak dari aplikasi tersebut bukan untuk konsumen biasa. Tetapi perusahaan sedang bersiap untuk memberi penggunanya akses ke ChatGPT melalui lebih banyak platform.

Setelah menambahkannya ke browser web Microsoft Edge dan mesin pencari Bing di web, pembuat Windows telah mengumumkan ChatGPT untuk aplikasi selulernya. Seiring dengan Edge dan Bing, Microsoft juga mengintegrasikan alat AI dengan aplikasi perpesanannya Skype. Integrasi ini sudah tersedia dalam pratinjau secara global.

Baca Juga: MWC 2023: Selain Logo Baru, Nokia ungkap Strategi Jaringan dan Cloud

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami