Sabtu, 04 Maret 2023 | 11:19 WIB

eShops Ditutup, Game Pokemon di Wii U dan 3DS Mulai Punah

Cesar Uji Tawakal
Pokemon - Ash dan Pikachu. (Dok. AKG)
Pokemon - Ash dan Pikachu. (Dok. AKG)

Tech.hitekno.com - Ditutupnya 3DS dan Wii U eShops yang akan datang pada 27 Maret, sebagian besar judul game Pokemon tidak akan tersedia dalam bentuk apa pun untuk pemain Amerika Serikat.

Dilansir dari CBR, 41% game sudah tidak tersedia, dan 33% lainnya akan hilang setelah penutupan eShop. Game Pokemon yang akan segera dihapus Nintendo termasuk Pokemon X dan Y, Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire dan Pokemon Sun and Moon.

Selain judul utama, pemain akan mengucapkan selamat tinggal pada Pokemon Rumble dan Pokemon Ranger: Guardian Signs.

Baca Juga: 6 Rekomendasi HP Murah Baterai 6.000 mAh Terbaru 2023, Mulai Rp1 Jutaan

Pada Februari 2022, Nintendo mengumumkan akan menghentikan eShop untuk sistem Wii U dan 3DS-nya pada awal 2023.

Mulai 27 Maret, pemain tidak dapat melakukan pembelian Nintendo eShop untuk 3DS atau Wii U. Ini termasuk unduhan konten gratis dan demo game.

Nintendo 3DS edisi spesial SNES. (Nintendo)
Nintendo 3DS edisi spesial SNES. (Nintendo)

Mulai Mei 2022, pemain tidak dapat menggunakan kartu kredit mereka untuk menambahkan dana ke akun eShop 3DS atau Wii U. Oleh karena itu, mereka hanya dapat membeli konten dengan kode unduhan yang dapat ditukarkan hingga tanggal penutupan eShop mereka.

Baca Juga: 5 Startup Edutech Indonesia Paling Populer

Penghentian 3DS dan Wii U eShop akan terjadi secara bersamaan dan memengaruhi perangkat lunak seperti StreetPass Mii Plaza, Theme Shop, dan Nintendo Badge Arcade.

"Bahkan setelah akhir Maret 2023, dan untuk masa mendatang, masih mungkin untuk mengunduh ulang game dan DLC, menerima pembaruan perangkat lunak, dan menikmati permainan online di Wii U dan keluarga sistem Nintendo 3DS," bunyi pernyataan Nintendo mengenai masalah tersebut.

Pada September 2020, Nintendo mengkonfirmasi penghentian produksi 3DS sembilan tahun setelah diluncurkan sebagai anggota katalog sistem genggam perusahaan.

Baca Juga: 8 Rekomendasi HP Murah RAM 8 GB Terbaik Maret 2023

Pada Juni 2020, keluarga 3DS telah terjual 75,9 juta unit di seluruh dunia dengan perpustakaan lebih dari 1.000 game. Sepanjang hidupnya, banyak waralaba video game terkemuka menyebut 3DS sebagai rumah mereka sampai rilis Nintendo Switch, termasuk Pokemon.

Berita menyedihkan tentang pemain Amerika Serikat yang kehilangan 75% dari daftar ekstensif Pokemon datang hanya beberapa hari setelah perayaan tahunan Hari Pokemon Nasional.

Pada acara tersebut, Nintendo mengumumkan ekspansi dua bagian untuk Scarlet/Violet yang disebut The Teal Mask dan The Indigo Disk. Di DLC, pemain akan menjelajahi Area Zero, sebuah lokasi di wilayah Paldean yang menyimpan rahasia Paradox Pokemon. Selain itu, perusahaan meluncurkan bentuk Paradoks untuk Suicune dan Virizion.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami