Selasa, 07 Maret 2023 | 17:08 WIB

Samsung Terus Kembangkan Chipset Kustom, Rilis 2027?

Cesar Uji Tawakal
Samsung Galaxy S23 series 5G. (Blibli)
Samsung Galaxy S23 series 5G. (Blibli)

Tech.hitekno.com - Samsung sedang mengembangkan prosesor khusus untuk perangkat Galaxy-nya. Perusahaan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan prosesor Exynos internalnya karena kinerja yang buruk, dan sekarang sedang fokus pada pengembangan prosesor khusus. Divisi selulernya telah mempekerjakan pengembang senior dari AMD untuk memimpin upaya ini.

Dilansir dari Android Headlines, Samsung berencana untuk mengoptimalkan chipset untuk perangkatnya dari tahap pengembangan. Ini akan memungkinkan integrasi perangkat keras-perangkat lunak yang lebih dalam, seperti yang diinginkan oleh iPhone Apple. Samsung juga sedang merancang inti CPU khusus, yang mungkin disebut Galaxy Chip, untuk mencapai tingkat pengoptimalan yang diinginkannya.

Meskipun laporan awal menunjukkan bahwa smartphone Samsung pertama yang ditenagai oleh chipset kustomnya akan tiba pada tahun 2025, publikasi Korea Pulse News melaporkan bahwa chipset kustom pertama Samsung dengan inti CPU khusus dapat dikirim pada tahun 2027. Itu berarti solusi awal pada tahun 2025 dan 2026 akan menggunakan CPU stok dari ARM.

Baca Juga: Percepat Transformasi, PT Pos Indonesia Dorong UMKM Go Digital dan Go Online

Samsung Exynos 2200. (Samsung)
Samsung Exynos 2200. (Samsung)

 

Samsung sebelumnya telah mengembangkan inti CPU khusus untuk prosesor Exynosnya antara 2016 dan 2020. Namun, chipset tersebut berkinerja buruk terhadap solusi pesaing dari Qualcomm yang menggunakan inti ARM stok. Kini, Samsung akan mengembangkan core CPU khusus lagi untuk meningkatkan kinerja perangkat Galaxy-nya.

Baca Juga: Chrome Killer: Microsoft Sematkan Fitur Anti Video Burik di Browser Edge, Eits Ada Tapinya...

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami