Jum'at, 17 Maret 2023 | 22:00 WIB

Apa Kelemahan Layar AMOLED pada Smartphone?

Cesar Uji Tawakal
Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)
Smartphone baru dengan layar AMOLED. (HiTekno.com)

Tech.hitekno.com - Apakah Anda sedang mencari ponsel dengan layar AMOLED? Jika ya, Anda mungkin ingin mengetahui beberapa kelemahan dari teknologi ini sebelum membeli.

Layar AMOLED adalah salah satu jenis layar yang banyak digunakan pada smartphone modern. Layar ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum membeli ponsel dengan layar AMOLED.

Kelebihan layar AMOLED antara lain adalah konsumsi daya baterai yang lebih rendah, rasio kontras yang lebih tinggi, dan ukuran yang lebih tipis dibandingkan dengan layar LED atau LCD.

Baca Juga: Meluncur Tahun Ini, Redmi K60 Ultra Bawa Layar AMOLED 1.5K dan Chipset MediaTek

Layar AMOLED juga mampu memancarkan cahaya sendiri tanpa memerlukan backlight, sehingga menghasilkan warna hitam yang lebih pekat dan mendalam.

POCO X5 5G - LCD vs AMOLED. (POCO Indonesia)
POCO X5 5G - LCD vs AMOLED. (POCO Indonesia)

Namun, layar AMOLED juga memiliki kekurangan, seperti rentan rusak akibat benturan atau air, mudah terjadi degradasi warna terutama pada warna hijau dan merah, dan rentan rusak jika terpapar panas berlebih, khususnya dari terik matahari.

Kelemahan layar AMOLED lain adalah rentan terbakar. Ini berarti bahwa gambar atau ikon yang sering ditampilkan di layar bisa meninggalkan jejak permanen di latar belakang. Hal ini bisa mengganggu pengalaman menonton atau bermain game Anda.

Baca Juga: Harga Vivo V27 Rp 6 Jutaan, Usung Layar AMOLED 120 Hz dan Chipset Dimensity

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli ponsel dengan layar AMOLED, sebaiknya pertimbangkan baik-baik kelebihan dan kekurangan layar ini.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami