Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:30 WIB

6 Tips Penting agar HP dengan Layar AMOLED Senantiasa Awet

Cesar Uji Tawakal
POCO X5 5G Gunakan AMOLED. (POCO Indonesia)
POCO X5 5G Gunakan AMOLED. (POCO Indonesia)

Tech.hitekno.com - Jika Anda memiliki HP dengan layar AMOLED, Anda tentu ingin layar tersebut tetap awet dan tajam. Layar AMOLED memiliki kelebihan dalam menampilkan warna yang lebih hidup dan hemat baterai.

Namun juga memiliki kekurangan dalam hal durabilitas dan rentan terjadi burn-in atau bayangan pada layar.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara merawat layar AMOLED agar tidak cepat rusak dan pudar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

Baca Juga: Ini 5 Senjata Ampuh untuk Push Rank Call of Duty Mobile di Mode Domination

Gunakan kecerahan layar sedang. Jangan terlalu sering menggunakan kecerahan layar tinggi, karena akan membuat layar AMOLED bekerja lebih keras dan mempercepat penurunan kualitas warna.

Atur kecerahan layar secara manual sesuai dengan kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Misalnya, saat berada di luar ruangan yang terang, gunakan kecerahan maksimal, namun saat berada di dalam ruangan atau malam hari, gunakan kecerahan minimal .

Gunakan tema gelap atau dark mode. Tema gelap akan mendominasi warna hitam pada layar, yang berarti menghemat daya dan meminimalkan burn-in pada layar. Warna hitam pada layar AMOLED dihasilkan dari pixel yang dimatikan aliran listriknya.

Baca Juga: Apa Keunggulan Samsung Galaxy A34 5G dibanding Redmi Note 11 Pro 5G?

Jadi, semakin banyak warna hitam yang ditampilkan, semakin sedikit listrik yang dibutuhkan dan semakin sedikit kerusakan pada pixel. Beberapa hp sudah memiliki fitur dark mode bawaan yang bisa diaktifkan secara otomatis atau manual.

HP Murah Layar AMOLED. (HiTekno.com)
HP Murah Layar AMOLED. (HiTekno.com)

Ganti-ganti wallpaper, tema dan AOD (Always On Display). Dengan mengganti-ganti tampilan visual pada layar secara berkala, Anda bisa membuat layar AMOLED lebih fluktuatif dalam penggunaan warna dan menghindari komposisi visual yang statis terlalu lama.

Hal ini akan mencegah terjadinya bayangan atau shadow dari elemen-elemen seperti quick access bar atau keyboard.

Baca Juga: Butuh HP Gaming Harga 3 Jutaan untuk Ngabuburit Ramadhan? Ini 7 Rekomendasinya

Pilihlah wallpaper bergerak atau animasi untuk memberikan variasi pada layar. Untuk AOD, atur agar posisi dan warnanya berpindah-pindah agar tidak menimbulkan burn-in. Jika perlu, matikan saja fitur AOD untuk menghemat baterai dan melindungi layar.

Gunakan icon pack atau tema yang bersahabat untuk jenis layar AMOLED. Icon pack atau tema adalah aplikasi yang bisa mengubah tampilan ikon-ikon pada hp Anda sesuai dengan selera Anda.

Ada beberapa icon pack atau tema yang dirancang khusus untuk mendukung kerja layar AMOLED dengan cara mengontrol penggunaan warna agar tidak boros daya.

Anda bisa mencari icon pack atau tema tersebut di playstore dengan kata kunci "AMOLED" atau "dark" .

Hindari menyentuh layar dengan kuku atau benda tajam lainnya. Layar AMOLED cukup sensitif terhadap sentuhan fisik yang keras atau tajam. Jika Anda menyentuh layar dengan kuku atau benda tajam lainnya, Anda bisa merusak lapisan permukaan layarnya.

Selain itu, hindari juga menekan-nekan layarnya dengan jari-jari Anda secara berlebihan karena bisa menyebabkan dead pixel.

Hindari paparan sinar matahari langsung pada siang hari saat terik. Sinar matahari langsung bisa meningkatkan suhu permukaan layarnya dan merusak komponen-komponennya. Jika Anda harus menggunakan hp di bawah sinar matahari langsung,

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami