Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:55 WIB

Ponselmu Gampang Panas dan Boros Baterai? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)
Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)

Tech.hitekno.com - Seiring berjalannya waktu, performa dari sebuah smartphone tentu tak selalu semulus seperti saat masih baru.

Salah satunya berupa ponsel boros baterai dan cepat panas yang mana merupakan masalah yang sering dialami oleh pengguna.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, antara lain:

Baca Juga: Dituding Palsukan Foto Bulan Pakai Galaxy S23 Ultra, Samsung Beri Pembelaan Begini

  • Membuka terlalu banyak aplikasi. Ketika ponsel menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, maka ponsel akan bekerja lebih keras dan membutuhkan daya baterai lebih banyak. Hal ini dapat membuat ponsel menjadi panas dan baterai cepat habis.
  • Menggunakan ponsel ketika sedang di-charge. Cara ini tidak disarankan karena dapat merusak baterai dan membuat ponsel menjadi panas. Apalagi jika charger yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel.
  • Menggunakan smartphone saat suhu udara sedang panas. Suhu udara yang tinggi dapat mempengaruhi kinerja baterai dan membuat ponsel menjadi lebih mudah panas.
  • Bug yang ada pada aplikasi. Beberapa aplikasi mungkin memiliki bug atau kesalahan yang dapat menyebabkan ponsel menjadi lemot, panas, atau boros baterai. Untuk mengatasinya, sebaiknya perbarui aplikasi secara berkala atau hapus aplikasi yang tidak diperlukan.
  • Sinyal yang tidak stabil. Ketika ponsel berada di daerah dengan sinyal lemah, maka ponsel akan mencoba mencari sinyal yang lebih kuat dengan cara meningkatkan daya sinyal atau transmit power. Hal ini menyebabkan penggunaan daya baterai menjadi lebih besar dan lebih cepat habis. Selain itu, ketika ponsel mencoba mencari sinyal yang lebih kuat, maka ponsel juga akan bekerja lebih keras dan panas.
  • Layar HP yang terlalu cerah. Kecerahan layar HP yang berlebihan jadi salah satu penyebab baterai HP cepat boros karena menyedot daya cukup besar. Selain itu, penggunaan Live Wallpaper atau walpaper bergerak dalam bentuk video juga tidak disarankan untuk digunakan karena akan membuat daya baterai HP boros.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan atau gunakan mode hemat energi untuk mengurangi beban kerja ponsel.
  • Jangan gunakan ponsel ketika sedang di-charge atau gunakan charger resmi dari merek HP Anda.
  • Hindari menggunakan smartphone di tempat-tempat dengan suhu udara tinggi atau kelembapan tinggi. Gunakan case atau pelindung ponsel yang dirancang untuk membantu menjaga suhu ponsel dan mencegah ponsel cepat panas.
  • Perbarui aplikasi secara berkala atau hapus aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghindari bug atau kesalahan pada aplikasi.
  • Gunakan mode pesawat jika sedang tidak memerlukan koneksi internet atau menerima panggilan untuk menghemat daya baterai dan mencegah pencarian sinyal terus-menerus.
  • Atur kecerahan layar sesuai dengan kondisi cahaya sekitar dan hindari menggunakan Live Wallpaper atau walpaper bergerak dalam bentuk video untuk menghemat daya baterai.

Dengan memperhatikan tips di atas, Anda dapat membantu menjaga daya tahan baterai ponsel dan mencegah ponsel cepat panas ketika berada di daerah dengan sinyal lemah.

Baca Juga: 6 HP Gaming 3 Jutaan, Cocok Dibeli Pas THR Cair Nanti

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami