Selasa, 18 April 2023 | 14:55 WIB

Dimensity Siapkan Chipset untuk Otaki Kendaraan Listrik, Apa Saja Fiturnya?

Cesar Uji Tawakal
MediaTek Dimensity Auto. (MediaTek)
MediaTek Dimensity Auto. (MediaTek)

Tech.hitekno.com - Baru-baru ini MediaTek meluncurkan platform otomotif terbarunya, yaitu Dimensity Auto. Perusahaan teknologi ini yang terkenal dengan chip hemat daya kini memasuki pasar otomotif dengan solusi all-in-one yang didesain khusus untuk kendaraan pintar. Solusi ini dihasilkan dari keahlian MediaTek dalam chip hemat daya dan integrasi SoC yang hebat, sehingga menjanjikan efisiensi yang tinggi dan konsumsi daya yang rendah.

Dilansir dari Arena EV, Dimensity Auto memiliki beberapa komponen utama, termasuk Dimensity Auto Cockpit yang bertanggung jawab atas infotainment dan didesain untuk menjadi kokpit pintar tercepat di dunia. Auto Cockpit ini menggunakan multi-prosesor AI berkinerja tinggi dan didukung oleh SoC dengan teknologi 3nm. Auto Cockpit mendukung beberapa layar HDR 8k dengan kecepatan refresh 120 Hz serta menawarkan rangkaian lengkap streaming dan decoding.

Selanjutnya, ada Dimensity Auto Connect yang berperan untuk menjaga koneksi tetap aktif. Solusi ini dilengkapi dengan teknologi 5G NTN dan 5G RedCap yang memiliki kinerja yang jauh lebih baik saat bepergian. Selain itu, Wi-Fi 7 turut dihadirkan bersama dengan dukungan untuk beberapa koneksi Bluetooth dan dukungan GNSS untuk geolokasi yang tepat.

Baca Juga: Oppo Find N2 Flip Kebagian Fitur Baru, Ada Perubahan Tampilan di Layar Depan?

Dimensity Auto Drive menjadi basis untuk fitur mengemudi otonom dan menggunakan APU MediaTek. Solusi ini menawarkan platform yang komprehensif dan terukur untuk ADAS (Advanced Driver Assistance Systems). Perusahaan juga mengklaim bahwa solusi ini adalah tulang punggung yang sempurna untuk layar OLED fleksibel, layar besar, dan opsi multi-display karena didukung oleh teknologi layar terintegrasi.

MediaTek Dimensity. (MediaTek)
MediaTek Dimensity. (MediaTek)

Terakhir, MediaTek menawarkan Dimensity Auto Components yang merupakan cara untuk meyakinkan mitra otomotifnya tentang pasokan komponen terbaru dan teknologi terbaru yang tidak terputus. Dalam hal ini, MediaTek menawarkan toko serba ada untuk perusahaan otomotif dengan harga yang cukup kompetitif.

Meskipun MediaTek tidak bermaksud untuk memproduksi mobil dalam waktu dekat, teknologi dan produknya akan berkembang pesat di dunia otomotif. Dimensity Auto membawa solusi terbaru dan terbaik untuk kendaraan pintar masa depan. Sebagaimana dikatakan oleh MediaTek, mobil akan menjadi perangkat di atas roda, dan kita harus menunggu untuk melihat siapa yang akan bergabung dalam permainan ini selanjutnya.

Baca Juga: Ancaman Siber, Pakar Temukan Aplikasi Berbahaya Google Play Dijual di Darknet

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami