Minggu, 23 April 2023 | 17:16 WIB

6 Tips Penting untuk Mencegah Ponsel Panas saat Ngegame

Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi bermain game di ponsel. (Razer)
Ilustrasi bermain game di ponsel. (Razer)

Tech.hitekno.com - Bermain game di ponsel bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menghibur, tetapi juga bisa menimbulkan masalah jika ponsel cepat panas dan lemot.

Untuk menghindari hal itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar ponsel tetap dingin dan lancar saat ngegame. Berikut ini adalah tips-tipsnya:

1. Lepaskan case atau sarung ponsel sebelum bermain game, terutama jika bahan case tebal atau berwarna gelap. Case bisa menghalangi sirkulasi udara dan membuat panas semakin terperangkap di dalam ponsel.

Baca Juga: 6 Hero Vampire di Mobile Legends, Skill Lifesteal Bikin Ngeri

2. Matikan fitur-fitur yang tidak digunakan saat bermain game, seperti Bluetooth, GPS, sinkronisasi otomatis, atau kecerahan otomatis. Fitur-fitur ini akan membuat ponsel bekerja lebih keras dan menghasilkan panas lebih banyak.

3. Atur kecerahan layar ponsel serendah mungkin agar tidak membebani baterai dan menimbulkan panas berlebih. Kamu juga bisa mengaktifkan mode hemat baterai untuk mengurangi konsumsi daya ponsel.

4. Pastikan spesifikasi ponsel kamu sesuai dengan game yang dimainkan. Jangan memaksakan untuk bermain game berat yang membutuhkan kinerja tinggi dari ponsel, karena bisa menyebabkan overheat dan lag. Pilih game yang cocok dengan kapasitas RAM, prosesor, dan grafis ponsel kamu.

Baca Juga: Vivo Y78+ 5G Resmi Diluncurkan di China, Harga 3 Jutaan Tumben Spek Oke Punya

5. Gunakan aplikasi pendingin ponsel yang bisa membantu menurunkan suhu ponsel dengan cara mengoptimalkan penggunaan RAM dan CPU. Aplikasi pendingin ponsel juga bisa membersihkan cache dan sampah yang bisa memperlambat kinerja ponsel.

6. Jangan bermain game terlalu lama atau saat ponsel sedang di-charge. Beri waktu untuk ponsel istirahat dan mendinginkan diri setiap beberapa menit atau jam. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menikmati bermain game di ponsel tanpa khawatir ponsel cepat panas dan rusak. Selamat mencoba dan selamat bermain!

Baca Juga: Build Item Ampuh Saber di Mobile Legends: Anti Stun dan Anti Crowd Control

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami