Agung Pratnyawan
Ilustrasi MIUI 14. (Xiaomi China)

Tech.hitekno.com - Dalam peluncuran Xiaomi 13 di China, juga resmi dikenalkan update MIUI 14. Pembaruan yang diklaim membawa peningkatan pada HP Xiaomi, Redmi dan PCOO.

Dikutip dari Suara.com, update MIUI 14 tidak hanya memberikan pembaruan dalam sisi tampilan saja. Namun juga ada sejumlah peningkatan dalam sistemnya.

Selain desain baru dalam sisi visual UI, MIUI 14 diklaim memberikan peningkatan kelancaran sistem yang berjalan lebih ringan.

Baca Juga:
9 HP Xiaomi yang Dapatkan Update MIUI 14 Stabil Januari 2023

Perubahan yang dihadirkan misalnya, ikon besar baru, folder besar, hewan peliharaan desktop, dll., Membawa kesegaran bagi pengguna.

Perlu dicatat bahwa ada beberapa masalah dalam logika desain folder besar MIUI 14. Seluruh folder menempati posisi empat ikon di HP Xiaomi.

Namun, hanya ada tiga aplikasi yang bisa dibuka dengan mengklik langsung. Untuk aplikasi lain, pengguna harus mengkliknya setelah membuka folder.

Baca Juga:
4 Keunggulan MIUI 14 yang Membuatnya Layak Dinanti

Untungnya, Xiaomi selalu memperhatikan pengalaman dan umpan balik pengguna dalam pengembangan update MIUI.

Baru-baru ini, dilansir laman Gizchina, Kamis (5/1/2023), Xiaomi kini telah menambahkan beberapa perbaikan dalam versi beta terbaru.

Folder file besar sekarang tersedia untuk lebih banyak aplikasi (versi Jiugongge) dan pengguna dapat mengkliknya secara langsung.

Baca Juga:
Cara Cek HP Xiaomi Terima Update MIUI 14 atau Tidak, Pakai Metode Ini

Pengguna yang bukan pengguna pengujian internal juga dapat memperbarui desktop sistem ke versi 4.39.9.5963-01031422.

Beberapa pengguna telah mengekstraksi paket instalasi, dan kamu dapat mencari dan menggunakannya sendiri.

Setelah pembaruan, kamu dapat memilih aplikasi Jiugongge dan ada delapan ikon yang dapat dibuka langsung dengan mengklik empat ikon asli. Kamu juga dapat menyiapkan layar smart.

Sistem akan secara otomatis mempelajari kebiasaan penggunaan pengguna untuk menyortir, dan dengan cerdas merekomendasikan aplikasi yang terbuka.

Fitur ini pertama kali muncul di Huawei HarmonyOS. Meskipun ide desainnya sangat sederhana, namun sangat meningkatkan pengalaman pengguna.

Itulah berbagai pembaruan yang diberikan Xiaomi pada pembaruan MIUI. Kita nantikan saja sampai update MIUI 14 akan meluas ke lebih banyak HP Xiaomi. (Suara.com/ Dythia Novianty)