Cesar Uji Tawakal
Kamera belakang Xiaomi 12 Pro. (Xiaomi)

Tech.hitekno.com - Perkembangan teknologi membuat cara kerja dunia dan masyarakatnya semakin canggih. Teknologi juga memunculkan cara-cara baru yang super kreatif untuk bisa menghasilkan uang.

Kini, pekerjaan tak hanya sebatas bekerja dari kantor, berangkat pukul 08.00 dan pulang saat matahari hampir tenggelam. Pekerjaan kreatif yang bisa dilakukan dari rumah juga bisa membuatmu mendulang cuan besar.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari internet, misalnya saja menjadi konten kreator TikTok, YouTube, penulis, dan sebagainya.

Baca Juga:
Cara Mengubah HP Tua Tak Terpakai Jadi Kamera Keamanan, Biar Nggak Mubazir

Namun yang cukup digemari belakangan ini adalah menjual foto ke internet. Buat kamu yang hobi fotografi, hasil foto kamu akan dihargai dengan layak jika memang diambil dengan cara yang indah dan kreatif lho.

Meski demikian, kamu harus tahu dulu tempat-tempat yang mau membayar mahal hasil foto kamu. Dari pantuan Hitekno.com, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil jepretan kamu lho. Berikut adalah informasinya:

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

1. Etsy

Baca Juga:
Harga dan Spesifikasi POCO X3 Pro Terbaru Januari 2023, Turun Harga Segini, lho!

Rekomendasi pertama dari Hitekno.com adalah Etsy. Etsy bukanlah situs stok foto seperti Instagram, tetapi pasar online yang sangat populer bagi banyak orang untuk membeli barang digital, termasuk foto.

Untuk menggunakan Etsy, kamu terlebih dahulu harus membuat akun dan toko. Tenang saja, cara membuat akunnya termasuk mudah kok.

Setelah membuat akun, kamu mulai bisa menjual hasil jepretan estetik kamu ke aplikasi yang satu ini.

Baca Juga:
9 Tips Mempotret Pakai Smartphone Buat Cari Cuan

2. Agora Images

Rekomendasi kedua adalah Agora Images. Aplikasi yang satu ini juga menjadi andalan buat para kreator foto untuk menjual hasil karya mereka.

Salah satu hal keren dari Agora Images ini adalah penjualan foto yang kamu terima akan 100 persen alias tidak ada potongan dan biaya apapun.

Hanya saja ada tingkatan tersendiri bagi masing-masing member yang menentukan seberapa besar penghasilan bisa kamu dapat, mulai dari Junior, Advanced, Pro, dan Master.

3. EyeEm

EyeEm merupakan aplikasi penjualan foto terbesar di dunia saat ini. Bagaimana tidak, EyeEm digunakan oleh lebih dari 2 juta fotografer dari seluruh dunia.

Di EyeEm, apabila kamu mempertahankan hak cipta karyamu, maka kamu hanya mendapatkan komisi sebesar 50 persen. 

Kamu bisa menjual foto kamu di EyeEm dengan harga yang cukup tinggi bahkan mulai Rp100 ribuan per foto. Bayangkan jika setiap harinya ada 10 foto kamu terjual di aplikasi ini. Pada akhir bulan tentu saja kamu akan panen banyak cuan.

4. Snapwire

Di aplikasi Snapwire, kamu dapat mengunggah hasil foto kamu untuk kemudian ditawarkan dengan harga tertentu.

Kerennya, harga dari foto kamu akan mendapat bayaran yang sesuai. Kamu juga bisa mendapatkan tawaran khusus dari perusahaan tertentu jika mereka menghubungimu secara pribadi.

Scoopshot adalah salah satu aplikasi berjualan foto terbaik buat kamu yang ingin menetapkan harga per foto secara bebas. Di sini, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan lebih daripada aplikasi foto lainnya. Kamu akan mendapatkan notifikasi apabila seseorang membeli hasil foto kamu.

5. 500px

Aplikasi bernama 500px juga menjadi aplikasi terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual hasil foto kamu. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis maupun berlangganan.

Tentu saja, versi gratisnya memiliki kelemahan. Kamu hanya bisa mengunggah maksimal 7 foto setiap minggunya. Namun untuk versi berlangganan, kamu dapat mengunggah dan menjual foto kamu tanpa batas.

6. Shutterstock Contributor

Kalau aplikasi yang satu ini sih nggak perlu diragukan lagi. Shutterstock sudah 15 tahun jadi andalan para fotografer profesional mencari cuan.

Mereka telah membayar total lebih dari 1 miliar dolar (Rp14,4 triliun) kepada seluruh kontributor mereka. Sebagai aplikasi besar, kamu harus menjalani proses yang panjang sebelum akhirnya diperbolehkan menjual foto kamu.

Mulanya kamu akan berstatus kontributor terlebih dahulu sebelum naik menjadi seller.

Itulah enam rekomendasi aplikasi buat jual foto agar panen cuan di tahun 2023.

Kontributor: Damai Lestari