Cesar Uji Tawakal
Malware Di Android

Tech.hitekno.com - Selama ini tak sedikit yang menganggap bahwa virus cuma bisa menjangkit komputer, khususnya yang bersistem operasi Windows.

Namun perlu kamu tahu bahwa ada juga virus yang bisa mengancam gadget dengan OS Android.

Berikut ini merupakan beberapa jenis virus yang berbahaya di sistem operasi Android adalah:

Baca Juga:
Xiaomi Siap Telurkan Ponsel Kelas Premium dengan Kamera Kelas Jempolan

  1. Trojan: Virus ini berfungsi sebagai "perisai" untuk malware lain, seringkali tanpa pengguna sadar. Trojan dapat mengeksploitasi kerentanan sistem atau mencuri informasi pribadi alias data pengguna.
  2. Ransomware: Virus ini dapat mengunci perangkat Android dan menuntut uang tebusan agar perangkat dapat digunakan kembali.
  3. Adware: Virus ini menyebar melalui aplikasi gratis yang menampilkan iklan yang mengganggu atau mengarahkan pengguna ke situs web phishing.
  4. Spyware: Virus ini dapat mengumpulkan informasi pribadi pengguna, seperti nomor telepon, kontak, dan riwayat browsing.
  5. Rootkit: Virus ini mencari untuk mendapatkan akses root pada perangkat Android dan menyembunyikan keberadaannya, sehingga sulit untuk dikenali dan dihapus.
  6. Fileless malware: Virus ini berdasarkan pada skrip atau kode, tidak berdasarkan pada file yang diinstall di perangkat, sehingga lebih sulit untuk dikenali dan dihapus.

Itulah beberapa macam virus berbahaya yang bisa menjangkit ponsel kesayanganmu. Oleh karena itu pastikan untuk berhati-hati saat mengunduh file dari internet.