Cesar Uji Tawakal
Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)

Tech.hitekno.com - Instagram akan memperbarui bilah navigasi dalam aplikasinya pada bulan Februari, setelah terakhir mengubahnya pada tahun 2020.

Dilansir dari CNET, raksasa media sosial itu mengatakan akan menambahkan tab Compose kembali ke tengah bilah navigasi, memindahkan tab Reels ke kanan Compose dan menyingkirkan tab Shop.

CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan dalam sebuah posting Instagram bahwa perubahan tersebut dirancang untuk memudahkan orang berkreasi dan terhubung.

Baca Juga:
Elon Musk Ungkap Rencana Jual Nama Pengguna Twitter Demi dapat Keuntungan

"Idenya di sini adalah untuk menyederhanakan Instagram dan lebih memfokuskannya," kata Mosseri, Senin. "Kami mencoba menyatukan orang-orang atas apa yang mereka sukai."

Anda masih dapat membeli item di Instagram di Feed, Stories dan Reels dan di iklan.

Instagram terakhir kali mengubah bilah navigasi dalam aplikasinya pada November 2020, menambahkan Shop ke bar dan mengganti Compose dengan Reels. Instagram juga memindahkan Compose ke sudut kanan atas layar.

Baca Juga:
7 Youtuber yang Bisa Ngajarin Cara Cari Duit Biar Cepat Kaya

Instagram mengubah fitur-fiturnya untuk bersaing dengan aplikasi lain, seperti TikTok. Namun, baik pengguna biasa maupun selebriti telah mengkritik aplikasi karena menjadi terlalu mirip TikTok.

Kritik itu muncul pada Juli ketika Instagram mengatakan akan menghentikan sementara perubahan aplikasi seperti foto dan video layar penuh.

Pada saat itu, Mosseri mengatakan kepada Platformer bahwa dia senang Instagram mengambil risiko tetapi berpikir perusahaan perlu mengambil langkah mundur.

Baca Juga:
6 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik 2023, Job Seeker Wajib Coba

"Untuk desain umpan baru, orang-orang frustrasi dan data penggunaannya tidak bagus," kata Mosseri.

"Jadi di sana saya pikir kita perlu mengambil langkah mundur yang besar, berkumpul kembali, dan mencari tahu bagaimana kita ingin bergerak maju."

Pembaruan Februari adalah kelanjutan dari rencana baru untuk Instagram. Pada bulan Desember, Instagram menambahkan fitur Catatan dan mulai menguji Candid Stories dan Profil Grup.