Agung Pratnyawan
Ilustrasi Telegram. (Telegram)

Tech.hitekno.com - Ada banyak bot Telegram yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bahkan diklaim ada juga bot telegram yang bisa memudakan pekerjaan.

Banyak orang yang mencari cara atau teknologi yang bisa membantu mereka dalam pekerjaan sehari-hari. Teknologi yang bisa membuat aktivitasn dan pekerjaan lebih efisien.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan sehari-hari adalah dengan menggunakan bot yang dapat menjalankan serangkaian tugas secara otomatis dikala tengah melakukan kesibukan yang lain.

Baca Juga:
Cara Kirim Hidden Media di Telegram, Aman Kirim Pesan Rahasia

Keberadaan bot berbasis Artificial Intelligence (AI) mampu menyederhanakan hidupmu dengan cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan bot dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efisien daripada yang biasa dilakukan manusia.

Perlu pengingat untuk rapat dengan klien? Atau mungkin kamu perlu mengunduh dan mengkonversi file dengan cepat? Dengan bantuan bot, menyelesaikan tugas tidak lagi membutuhkan waktu yang lama.

Satu instruksi, dan boom, bot akan membantu kamu menyelesaikannya dalam sekejap.

Baca Juga:
Cara Membuat Pesan Rahasia di Telegram untuk Android dan iOS

Memahami betapa bermanfaatnya bot, Telegram telah menyediakan platform Bot API agar para software developer dapat mengembangkan bot mereka sendiri untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan kepada pengguna.

Lagi pula, mengapa harus melakukan hal-hal dengan cara yang sulit kalau bisa dilakukan secara mudah dan sederhana?

Penasaran bagaimana bot-bot pada aplikasi Telegram bekerja untuk melayanimu?

Baca Juga:
Telegram Gelontorkan Sederet Fitur Baru, Yakin Masih Setia Pakai WhatsApp?

Mari simak beberapa bot Telegram berikut yang dapat diunduh untuk mempermudah kebutuhan kamu!

1. Bot File Converter

Kirimkan file apapun ke @newfileconverterbot dan bot tersebut akan mendeteksi jenis file tersebut, lalu mengkonversikannya menjadi berbagai format file yang tersedia.

Baca Juga:
Telegram: 5 Tips Terlindungi dari Penipuan Phishing dan Sniffing

2. Bot Pengunduh Media

Kirimkan tautan media apapun dari Facebook, Reddit, Tiktok, Soundcloud, Pinterest, Instagram, atau Twitter ke @mediadownbot dan file tersebut dapat diunduh dengan mudah!

3. Dr. Web Bot: Anti-Virus

@DrWebBot memastikan keamanan dari file dan tautan yang dikirim melalui Telegram bebas virus. Cukup tambahkan bot ini ke grupmu, atau forward dan kirim file/tautan ke bot tersebut.  

4. IFFTTT Bot: Otomatiskan Tugas

Bot @IFFT (If This Then That) menyambungkan grup atau channel Telegram milikmu ke lebih dari 360 layanan lainnya. Tugas apapun dapat secara otomatis mengerjakannya.  

5. Pembayaran yang Terintegrasi dengan Bot

Jika kamu freelancer atau pemilik usaha, kamu bisa membuat bot untuk menawarkan barang atau jasamu, dan memfasilitasi pembayaran melalui API Pembayaran Bot Telegram.

Itulah lima bot Telegram yang diklaim bisa membantu kamu dalam pekerjaan bahkan membuat aktivitasmu lebih mudah.

Bot Telegram untuk mempermudah hidup. (Telegram)