Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Mozilla Firefox. (Mozilla)

Tech.hitekno.com - Seperti banyak browser web terbaik, Firefox telah menambahkan fitur baru sebagai tanggapan atas permintaan pengguna untuk privasi online yang lebih besar. Ini termasuk alat gratis yang disebut Firefox Relay, yang memungkinkan Anda menggunakan alias email untuk menyembunyikan identitas Anda saat mendaftar untuk berbagai kampanye pemasaran.

Setelah eksklusif untuk Firefox, layanan ini tersedia sebagai ekstensi di Google Chrome tahun lalu, bersama dengan beberapa peningkatan seperti kemampuan untuk memblokir beberapa atau semua email promosi. Kemampuan ini sekarang sedang diperluas ke Firefox di Android, yang telah menerima ekstensi tambahan untuk pertama kalinya sejak 2020.

Dilansir dari Android Police, Mozilla membuat Firefox Relay tersedia di Android sebagai ekstensi, bersama dengan dua add-on baru yang memungkinkan Anda mendengarkan versi audio konten web dan menghapus elemen pelacakan dari URL. Firefox Relay dirancang untuk menjauhkan spammer dari kotak masuk Anda dengan membuat email alias.

Baca Juga:
Samsung Galaxy S22 Series Dapat Update One UI 5.1, Ini Deretan Fitur Barunya

Ini berguna jika formulir online meminta alamat email Anda; cukup ketuk tombol Firefox Relay untuk mengisi alamat email acak dan anonim alih-alih mengirimkan alamat email asli Anda. Add-on secara otomatis meneruskan pesan ke kotak masuk Anda yang sebenarnya, dan Anda dapat memilih mana yang akan diterima.

Pada tahun 2021, Firefox memperkenalkan tingkat premium layanan, yang memungkinkan Anda membuat lebih dari lima alias seharga $0.99 per bulan. Itu menerima beberapa pembaruan tahun lalu, termasuk dukungan untuk lampiran email hingga 10MB, naik dari 150KB yang remeh.

Mozilla juga telah menambahkan ClearURL ke Firefox Android untuk membersihkan URL dari elemen pelacakan dan membuatnya lebih pendek. Untuk yang belum tahu, situs ingin menambahkan karakter tambahan ke URL inti untuk melacak Anda.

Baca Juga:
Cara Investasi Lewat GoPay Terkini 2023, Mudah!

Fitur privasi ini pertama kali muncul di desktop pada Juni tahun lalu dengan merilis Firefox versi 102, menonaktifkan parameter pelacakan dari Facebook, Olytics, HubSpot, dan Marketo, menurut Bleeping Computer.

Akhirnya, Firefox untuk Android sekarang dapat membaca halaman web dengan lantang untuk Anda dengan ReadAloud. Ekstensi ini menggunakan teknologi text-to-speech untuk mengonversi konten web ke audio, dan mencakup beberapa opsi kontrol, seperti kemampuan untuk memilih suara pria atau wanita dan menyesuaikan kecepatan membaca.

Firefox sudah memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu melindungi Anda dari pelacakan cookie yang digunakan oleh pengiklan untuk mengumpulkan informasi dan mengikuti aktivitas online Anda. Pengaya terbaru mengambil langkah lebih jauh, dan mereka mungkin hanya jawaban bagi pengguna yang lelah dibombardir dengan spam pemasaran atau dilacak ketika mengunjungi situs seperti Facebook.

Baca Juga:
3 Hero Marksman Tersakit Andalan Pro Player di MPL Season 11, Cetak Winrate Tinggi!