Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi Zili. (Google Play Store)

Tech.hitekno.com - Xiaomi bersiap untuk menutup platform berbagi video pendeknya yang disebut Zili. Perusahaan ponsel asal China ini akan segera mengakhiri operasinya di pasar India.

Dilansir dari Gizmochina, Zili pertama kali diluncurkan oleh raksasa teknologi China tersebut di Google Play Store pada tahun 2018 dan berfungsi mirip dengan raksasa media sosial lainnya, TikTok.

Dengan kata lain, Zili juga mengizinkan pengguna untuk berbagi atau menonton video pendek di platform mereka dan bahkan berusaha mengisi pasar yang ditinggalkan oleh TikTok setelah dilarang oleh pemerintah India.

Baca Juga:
Render Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54 Beredar, Bawa Modul Kamera Mirip Galaxy S23?

Tapi sekarang, tampaknya Xiaomi juga keluar dari pasar, karena berencana untuk menutup operasinya pada 13 Maret 2023 pukul 23:59 "karena penyesuaian operasional."

Ilustrasi Zili. (Google Play Store)

Sampai sekarang, aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Play Store. Lebih lanjut, Zili menambahkan bahwa "Semua layanan pada aplikasi Zili akan dinonaktifkan pada dan sejak tanggal shutdown, termasuk namun tidak terbatas pada fungsi download, Z-points encashments atau penarikan, dll. dan semua data pengguna akan dihapus dari server kami setelah tanggal tersebut dan tidak akan dapat diambil lagi." Khususnya, keputusan untuk menutup platform ini kemungkinan akan mengakibatkan sejumlah orang diberhentikan di negara itu.

Aplikasi ini cukup populer di pasar India dengan Play Store menunjukkan unduhan melewati 100 juta yang mengesankan sebelum dihapus. Zili telah melihat kesuksesan pelarian setelah TikTok dilarang di India pada tahun 2020. Jadi masih harus dilihat, aplikasi berbagi video pendek mana yang akan menutupi celah yang ditinggalkan oleh kedua platform ini.

Baca Juga:
Aplikasi Kamera HP Samsung Bermasalah, Tiba-tiba Jadi Lambat