Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

Tech.hitekno.com - TikTok sedang merancang cara-cara baru untuk membantu orang tua memantau anak-anak mereka dan membatasi penggunaan aplikasi. Dalam beberapa minggu ke depan, semua akun yang terdaftar untuk pengguna di bawah 18 tahun akan dibatasi oleh batas waktu layar satu jam. Platform ini menjelaskan bahwa orang tua dapat menyesuaikan batas waktu layar harian mereka tergantung pada hari dalam seminggu atau skenario seperti liburan. Meskipun batas waktu ini akan ditetapkan secara otomatis untuk pengguna di bawah 13 tahun, orang tua atau wali harus memasukkan kode sandi untuk menambahkan 30 menit tambahan.

Dilansir dari Android Central, orang tua juga akan diberikan dasbor waktu layar baru dengan pembaruan yang akan datang. Dasbor ini akan memberikan informasi seperti berapa banyak waktu layar yang dihabiskan anak mereka, seberapa sering mereka membuka TikTok, dan rincian waktu yang dihabiskan siang dan malam hari. TikTok berharap dapat menawarkan alat sebanyak mungkin kepada orang tua untuk membimbing remaja mereka.

Fitur terakhir memungkinkan orang tua untuk mengatur jendela waktu untuk membungkam notifikasi TikTok di ponsel anak remaja mereka. Ini dibangun di atas fitur yang sudah ada di mana akun dengan pengguna terdaftar 13 hingga 15 memiliki pemberitahuan mereka dibisukan pada jam 9 malam. Mereka yang berusia 16 dan 17 tahun secara otomatis dibisukan setelah jam 10 malam.

Baca Juga:
Lebih Bervariasi, Apple Segera Rilis Warna Baru untuk iPhone 14?

Semua opsi baru ini akan ditambahkan untuk orang tua di Family Pairing, yang merupakan pusat kontrol orang tua untuk mengelola penggunaan TikTok di ponsel anak remaja mereka. TikTok juga akan menambahkan pengingat tidur di platform. Ketika waktu yang ditetapkan tercapai pada malam hari, pop-up akan muncul, memperingatkan pengguna bahwa sudah waktunya untuk menutup aplikasi. TikTok mendorong praktik yang lebih sehat dengan meminta remaja untuk menetapkan batas waktu sendiri dan jika ditolak oleh remaja, orang tua selalu dapat menetapkan batasan diri mereka sendiri melalui Family Pairing.