Cesar Uji Tawakal
Logo mesin pencari DuckDuckGo. (DuckDuckGo)

Tech.hitekno.com - ChatGPT bak mengambil alih internet secara besar-besaran, karena kecerdasan buatan ini mulai digunakan dalam berbagai layanan.

Dilansir dari Gizmochina, baru-baru ini, AI tersebut diintegrasikan ke dalam Bing dan layanan Microsoft lainnya, yang membawa kesuksesan besar bagi perusahaan dan menyebabkan peningkatan popularitas mesin pencari.

Tak lama berselang, giliran DuckDuckGo, mesin pencari lain, mengikutinya dengan merilis alat pencarian bertenaga ChatGPT sendiri, DuckAssist.

Baca Juga:
Grand Final ASL 2023 Spring Pertemukan Dewa United Esports vs Kagendra

DuckDuckGo telah merilis alat baru yang disebut DuckAssist, yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan jawaban cepat dan akurat kepada pengguna untuk permintaan pencarian mereka.

Jawaban dikumpulkan dari situs web seperti Wikipedia dan disajikan dengan cara yang terlihat mirip dengan hasil pencarian biasa.

Browser Ringan untuk Android - DuckDuckGo. (Google Play Store)

Bedanya, perlu diketahui bahwa DuckAssist bukan chatbot, jadi pengguna tidak perlu berbicara dengannya. Sebaliknya, ini menunjukkan kepada pengguna jawaban otomatis ketika mengenali pertanyaan yang dapat dijawabnya.

Baca Juga:
Apakah Video Virtex adalah Virus? Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Virtual Text

Fitur ini akan sangat berguna untuk pertanyaan langsung seperti "Apa itu indeks mesin pencari?" dan lainnya yang memiliki jawaban sederhana dan faktual. Alat yang didukung ChatGPT saat ini dalam versi beta dan gratis untuk digunakan pada aplikasi DuckDuckGo dan ekstensi browser.

DuckDuckGo berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pengguna, dan DuckAssist tidak terkecuali. Ini tidak akan mengumpulkan informasi pribadi apa pun atau mengharuskan pengguna untuk masuk.

Perusahaan juga berencana untuk menjaga riwayat pencarian dan penelusuran pengguna tetap anonim saat berbagi data dengan mitranya, OpenAI dan Anthropic, yang membantu mengembangkan teknologi ChatGPT.

Baca Juga:
Infinix Luncurkan All-Round FastCharge 260W, Super Ngebut Mengisi Baterai

Jika DuckAssist terbukti populer, DuckDuckGo berencana untuk meluncurkannya kepada semua orang menggunakan alat pencarian di situs webnya. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik tentang jawaban yang dihasilkan AI secara anonim, yang akan membantu perusahaan meningkatkan alat tersebut.