Dany Garjito
Berkat Erick Thohir Lobi FIFA, Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023? YouTube/Love Indonesia

Beredar video dengan narasi Piala Dunia U20 sudah resmi jadi digelar di Indonesia. Benarkah demikian?

Belum lama ini sebuah kanal YouTube dengan 167 ribu pengikut mengabarkan Erick sudah berhasil melobi FIFA sehingga Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Ditampilkan di judul, pemilik video tampak mengaitkan kabar tersebut dengan mundurnya Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Padahal Peru digadang-gadang menjadi pengganti Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Gadis Cantik Punya Wajah Mirip Dewi Persik, Netizen Kesengsem

"Peru Mundur Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U17, 2023, Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023 ?" begitulah judul dari videonya, dikutip dari kanal YouTube Love Indonesia, Rabu (29/3/2023).

Sementara di sampul videonya terlihat foto Erick Thohir yang berjumpa dengan para petinggi FIFA. Tampak pula foto Erick bersama Menparekraf Sandiaga Uno, kemudian ada juga foto Jusuf Kalla.

"Tak Akan Sia-siakan Kesempatan yang Diberikan FIFA. Dukungan, Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20. Berkat Lobi Erick Thohir, Indonesia Tetap Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023?" tulis pemilik video di sampulnya.

Baca Juga:
Jual Minuman Pakai Nama Sambo Kuwat dan Putri, Aksi Penjual Ini Tuai Berbagai Reaksi dari Netizen

Tentu kabar ini menuai perhatian banyak pihak, terbukti dari video yang sudah disaksikan lebih dari 29 ribu kali. Namun seperti apa kebenarannya?

PENJELASAN

Setelah didengarkan untuk cek fakta, video berdurasi 8 menit 22 detik itu ternyata menampilkan informasi yang belum valid.

Baca Juga:
5 Gadget yang Wajib Dibawa pas Mudik, Biar Perjalanan Makin Asyik

Narator video awalnya menyinggung soal upaya pemerintah, dalam hal ini diwakilkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, yang berusaha untuk melobi FIFA agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kemudian narator video beralih membahas soal Federasi Sepak Bola Peru yang dikabarkan mengundurkan diri dari statusnya sebagai penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.

Disebutkan bahwa Peru ingin fokus mengalokasikan anggaran penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 untuk keperluan pemulihan negara. Namun setelah dilakukan penelusuran, kabar ini juga belum bisa dipastikan kebenarannya karena baru sebatas desas-desus.

Baca Juga:
Jelang Perilisan, Harga dan Spesifikasi Asus ROG Phone 7 Bocor ke Publik

Terkait dengan kabar Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 inilah yang dijadikan alasan narator video meyakini negara itu tidak akan menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Di sisi lain, Erick Thohir maupun pemerintah belum memberikan kepastian soal hasil negosiasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang semestinya diawali dengan drawing di Bali akhir bulan Maret 2023.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video unggahan Love Indonesia tersebut hanya menampilkan berbagai perkembangan terkini soal isu batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Namun video tidak menampilkan informasi valid soal keberhasilan Erick Thohir melobi FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.