Dany Garjito
Ilustrasi Gerhana Matahari. (Shutterstock)

Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023, bagaimana cara melihatnya?

Gerhana Matahari Hibrida disebut-sebut bakal terjadi jelang lebaran tepatnya 20 April 2023.

Berikut cara lihat Gerhana Matahari Hibrida.

Baca Juga:
Cara Lihat Gerhana Matahari Hibrida Menjelang Lebaran 20 April 2023

Gerhana Matahari Hibrida

Menjelang lebaran 2023, masyarakat akan disambut dengan fenomena alam gerhana matahari hibrida yang akan terjadi pada 20 April 2023. Bagaimana cara melihat gerhana matahari hibrida yang aman?

Melansir dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari hibrida ini merupakan gerhana matahari yang terjadi pada saat matahari, bulan, dan juga bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu, terjadi peristiwa piringan bulan yang bisa diamati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan iringan matahari.

Baca Juga:
Build Diluc di Genshin Impact: Ini Senjata dan Artefak yang Cocok

Pada saat puncak gerhana di suatu tempat, matahari akan terlihat seperti cincin yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya. Sementara, di beberapa tempat lain, matahari seakan-akan tertutup oleh bulan. Maka gerhana matahari hibrida terdiri dari dua tipe gerhana, yakni gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total.

Fenomena gerhana matahari hibrida di tahun ini akan terjadi pada Kamis, 20 April 2023 dan bisa diamati di Indonesia. Gerhana matahari hibrida di Indonesia akan terlihat berupa gerhana matahari total dan juga gerhana matahari sebagian, sementara untuk gerhana matahari cincin tidak bisa diamati.

Wilayah yang Bisa Menyaksikan Gerhana Secara Jelas

Baca Juga:
4 Faktor Mengapa ONIC Sulit Dikalahkan di MPL Season 11, Begini Pendapat Analis

Disebutkan bahwa jawa tengah merupakan salah satu wilayah yang dilintasi gerhana matahari hibrida. Nantinya, gerhana matahari hibrida bisa diamati di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah mulai dari Cilacap sampai dengan Blora.

Waktu Gerhana Matahari Hibrida

Secara umum, gerhana matahari di Jawa Tengah sendiri akan dimulai pukul 09.26 WIb dan puncak gerhana matahari hibrida akan terjadi pada pukul 10.46 WIB.

Baca Juga:
CEO OpenAI Pastikan Pelatihan ChatGPT-5 Belum Dimulai

Kemudian, untuk gerhana matahari hibrida akan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Disebutkan bahwa secara umum, rata-rata durasi gerhana matahari hibrida yang bisa diamati di Jawa Tengah adalah 2 jam 48 menit.

Cara Melihat Gerhana Matahari Hibrida dengan Aman

Melansir dari akun Twitter Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia, gerhana matahari hibrida bisa dilihat oleh masyarakat dengan aman yakni dengan menggunakan beberapa alat, antara lain dengan:

1. Kamera pinhole atau kamera lubang jarum

2. Kacamata khusus matahari

3. Binokular atau teleskop

4. Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflek

Masyarakat diimbau supaya tidak melihat gerhana matahari hibrida secara langsung dengan kasat mata karena bisa mengakibatkan kerusakan pada retina mata sampai yang terparah yang tentu saja perlu dihindari yaitu bisa mengakibatkan kebutaan secara permanen. (Suara.com)