Dany Garjito
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. [Instagram.com/ @arinal_djunaidi]

Tech.hitekno.com - Terdapat kontroversi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, pemimpin daerah yang dikritik Awbimax di TikTok.

Apa saja kontroversi Arinal Djunaidi Gubernur Lampung ini?

Simak deretan kontroversi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di sini.

Baca Juga:
Setelah Kritikan TikToker Viral, Gubernur Lampung Minta Jalan Dibuat Tahan Lama

Lampung Jadi Sorotan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tengah menjadi sorotan, buntut viralnya kritik seorang Tiktoker, Bima Yudho Saputro atau yang populer dengan nama akun Awbimax Reborn. Daerah yang dipimpinnya, disebut gagal dalam hal pembangunan infrastruktur. Ia lantas diminta tak arogan dan mendengar masukan itu.

Sekretaris Gelora Lampung Imron Rosadi turut buka suara. Ia mengimbau Arinal sebagai pemimpin yang dipilih rakyat, agar mau menerima kritik. Di sisi lain, sebelum kasus Bima, Gubernur Lampung ini memang sempat beberapa kali terlibat kontroversi. Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Dimensity Siapkan Chipset untuk Otaki Kendaraan Listrik, Apa Saja Fiturnya?

Bentak Jurnalis 

Sikap arogan Arinal sempat muncul saat dirinya membentak jurnalis pada 2020 lalu. Ketika membahas soal pilkada di Lampung, ia berkata dengan nada kasar kepada salah satu wartawan yang akan meliput. Arinal mengaku bahwa ia dulunya preman.

Hal tersebut lantas menerima sorotan dari Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Hendri Yansah. Ia menyebut bahwa tak sepatutnya seorang pemimpin daerah bersikap kasar terhadap jurnalis. Bahkan, seharusnya menjadi panutan warga.

Baca Juga:
Oppo Find N2 Flip Kebagian Fitur Baru, Ada Perubahan Tampilan di Layar Depan?

Usai sikap arogannya viral, pihak Pemprov Lampung lantas memberikan klarifikasi. Disebutkan bahwa apa yang dilontarkan Arinal Djunaidi saat itu hanya sebatas gurauan. Sang gubernur juga, katanya, tidak bermaksud membentak jurnalis.

Tantang Mendikbudristek

Arinal sempat menantang Nadiem Makarim. Dalam rapat pada 2021 lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) itu menyampaikan keluhannya kepada anggota DPR. Tepatnya soal sekolah tatap muka yang tidak dijalankan di Lampung.
 
Lalu, dalam potongan video yang beredar, Gubernur Lampung tampak naik darah. Ia menjelaskan bahwa dua hari sebelum waktu tatap muka, 14 kabupaten di sana baru saja terbebas dari zona merah pandemi Covid-19. Ia kemudian menitip salam bahwa dirinya siap menantang Nadiem Makarim.

Baca Juga:
Ancaman Siber, Pakar Temukan Aplikasi Berbahaya Google Play Dijual di Darknet

Sebut Orang Tua Bima Salah Didik Anak 

Gubernur Lampung kembali terlibat kontroversi usai dikabarkan mengintimidasi keluarga Bima. Ia menyebut orang tua Bima salah dalam mendidik anak. Dikatakan oleh ayah sang Tiktokers, Juliman, Arinal menyampaikannya melalui telepon. Hal itu lantas membuatnya tersinggung.

Sementara itu, dalam video yang beredar, Arinal tampak sedang berjalan keluar dari suatu gedung ke arah mobil. Kehadirannya pun sudah ditunggu awak media yang hendak menanyakan kebenaran soal intimidasi terhadap orang tua Bima tersebut.

Mendengar pertanyaan itu, Gubernur Arinal justru sewot. Ia meminta agar publik menanyakan langsung terkait hal tersebut kepada orang tua Bima, bukan dirinya. Lalu, saat dicecar, ia pura-pura tidak paham dan melanjutkan langkahnya ke mobil.

"Tanya aja sama orang tuanya Bima, kamu itu," kata Arinal ketika ditanya wartawan terkait dugaan dirinya mengintimidasi orang tua Bima. (Suara.com)