Dany Garjito
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Tech.hitekno.com - Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, chatbot atau asisten virtual semakin menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Salah satu chatbot yang cukup populer adalah ChatGPT. Ini cara menggunakan ChatGPT. 

ChatGPT adalah sebuah AI chatbot yang terkenal dengan kemampuannya dalam melakukan percakapan seperti manusia. Dalam artikel ini, akan dibahas cara menggunakan ChatGPT beserta sumber referensi yang dapat dijadikan acuan.

Apa itu ChatGPT?

Baca Juga:
Cara Menggunakan Google Translate Lengkap Trik Cepat dan Mudahnya

ChatGPT artinya chatbot yang dibangun berdasarkan teknologi artificial intelligence (AI) dengan menggunakan GPT-3.5 architecture. Chatbot ini mampu berinteraksi dengan pengguna seperti manusia dengan kemampuan untuk memahami bahasa alami dan memberikan jawaban yang relevan.

Cara Menggunakan ChatGPT

Akses ChatGPT

Baca Juga:
Deretan Hero yang Bisa Counter META UBE MLBB, Blacklist Terbukti Tumbang di MPL PH

Anda bisa mengakses ChatGPT melalui handphone (HP) dan website. Cukup kunjungi https://chat.openai.com/ dan mulai berinteraksi.

Mulai Percakapan

Setelah mengakses ChatGPT, Anda bisa memulai percakapan dengan mengirim pesan pertama. ChatGPT akan langsung membalas pesan Anda dengan ramah dan informatif.

Baca Juga:
Link Nonton Taxi Driver 2 Episode 13, Bahas Kasus Penting di Korea Selatan!

Ajukan Pertanyaan atau Bahas Topik Tertentu

Setelah memulai percakapan, Anda bisa mengajukan pertanyaan atau membahas topik tertentu dengan ChatGPT. Chatbot ini akan mencoba memberikan jawaban atau informasi yang relevan dengan topik yang Anda ajukan.

Lakukan Percakapan Secara Natural

Baca Juga:
Lama Dinanti, WhatsApp Akhirnya Rilis Fitur Baru

Saat melakukan chat atau percakapan dengan ChatGPT, usahakan untuk melakukan percakapan secara natural. Anda bisa menggunakan bahasa sehari-hari dan menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas.

Gunakan Perintah Khusus

Selain berbicara secara natural, Anda juga bisa menggunakan perintah khusus untuk membantu ChatGPT memberikan jawaban yang lebih spesifik. Beberapa perintah yang dapat digunakan di antaranya "cari", "jelaskan", "berikan contoh", dan sebagainya.

Referensi Sumber

OpenAI. (2021). What is GPT-3? Retrieved from https://openai.com/blog/gpt-3-applications/

ChatGPT. (2021). About Us. Retrieved from https://www.chatgpt.com/about-us

ChatGPT. (2021). FAQs. Retrieved from https://www.chatgpt.com/faqs

Cui, Y., Che, W., Liu, T., Qin, B., & Chen, W. (2021). A Survey on Neural Response Generation: Models and Evaluation. arXiv preprint arXiv:2105.03824.