Dany Garjito
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. (Instagram)

Tech.hitekno.com - Gubernur Lampung ramai di linimasa media sosial disebut disindir Jokowi.

Berikut sejumlah aksi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang menyita perhatian warganet.

Aksi Gubernur Lampung Disindir Jokowi

Baca Juga:
Pembagian Grup SEA Games 2023 Cabor Esports MLBB, Filipina Jadi Lawan Berat

Presiden Joko Widodo telah meninjau langsung jalan rusak yang ada di wilayah Lampung pada Jumat (7/5/2023). Peninjauan ini dilakukan Presiden Jokowi dengan didampingi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan sejumlah menterinya.

Dalam kunjungan tersebut, terdapat sejumlah momen yang menjadi sorotan warganet. Mulai dari sindiran Presiden Jokowi terkait kondisi jalan rusak hingga tindak-tanduk Gubernur Lampung.

Bahkan, warganet di media sosial ramai menyoroti kelakuan Gubernur Lampung yang tampak senang, alih-alih merasa malu kala infrastruktur di wilayah pemerintahannya terlihat buruk.

Baca Juga:
4 Hero Bocil yang Sakit Banget di Late Game Mobile Legends, Bisa Bikin Comeback!

Berikut rentetan kelakukan Gubernur Lampung pada saat disindir oleh Presiden Jokowi:

Tidak mengetahui nama jalan

Saat Presiden Jokowi mengecek jalan rusak, ada satu momen yang memperlihatkan Gubernur Arinal Djunaidi tidak mengetahui nama jalan yang ia pijak. Hal tersebut pun sontak viral di media sosial.

Baca Juga:
Realme 11 Pro Plus Lolos Sertifikasi di Indonesia dan India, Peluncuran Global Semakin Dekat

Dalam sebuah video amatir warga, tampak Gubernur Lampung berbincang dengan Presiden Jokowi dan juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tiba-tiba, Gubernur Lampung keluar dari kerumunan penjagaan Presiden Jokowi, dan berlari kecil menuju warganya. Ia kemudian bertanya ke warga nama daerah yang sedang dikunjunginya itu.

Sontak warga menjawab dengan kompak terkait dengan nama daerah yang ditanyakan oleh Arinal. Namun Arinal tak puas dan kembali bertanya daerah selanjutnya.

Baca Juga:
8 Kode Redeem FF 7 Mei 2023 Terbaru, Dapatkan Hadiah Bundle

"Ini apa, daerah apa namanya?" tanya Gubernur Arinal dalam video berdurasi 30 detik itu.

"Seputih Raman, Pak," terdengar jawaban kompak warga.

"Habis itu?" tanya Arinal kembali.

 "Seputih Banyak," jawab warga.

"Berapa kilo (meter) lagi?" tanya Arinal.

"Dekat lagi, sebelum Rumbia," jawab warga.

Setelah puas mendapatkan jawaban dari warga, Arinal lalu kembali ke tempat Presiden Jokowi berdiri.

Tepuk tangan saat Jokowi mau memperbaiki jalan wilayahnya

Tak hanya disorot karena menanyakan nama jalan, Arinal juga disorot karena reaksinya pada saat mendengar Presiden Jokowi memastikan akan memperbaiki 15 ruas jalan rusak yang ada di Lampung.

Awalnya, Presiden Jokowi ditanya terkait dengan kesannya berkeliling di jalan berlubang yang ada di Lampung.

Presiden Jokowi kemudian memastikan bahwa jalan nasional akan menjadi urusan pemerintah pusat, jalanan provinsi akan menjadi urusan gubernur dan jalanan kabupaten akan menjadi tanggung jawab bupati.

Terkait dengan jalan rusak yang ada di Lampung, Jokowi menegaskan akan mengambil alih perbaikan karena sudah bertahun-tahun terbengkalai. Pemerintah pusat siap menggelontorkan dana Rp 800 miliar untuk memperbaiki 15 ruas jalan.

Sontak ucapan Presiden Jokowi tersebut disambut riuh oleh masyarakat. Namun, Gubernur Lampung Arinal yang berada di belakang Jokowi juga memberikan reaksi janggal. Ia juga tersenyum sembari bertepuk tangan seperti warga setempat.

Reaksi itu pun langsung panen cibiran warganet. Bagaimana tidak, seharusnya ruas jalan yang harus diperbaiki di Lampung itu menjadi tanggung jawab Gubernur dan juga bupati di wilayah tersebut, bukan presiden.

Salahkan pengusaha

Pada saat disinggung terkait dengan kerusakan sejumlah ruas jalan di wilayahnya, Gubernur Arinal malah menyalahkan pengusaha yang membiarkan kendaraan mereka kelebihan muatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Arinal setelah mendampingi Presiden Jokowi. Ia menyebut bahwa kendaraan yang mengalami over dimension overload (ODOL) menjadi penyebab utama adanya jalan rusak.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk menyadari kemampuan tonase dan tidak berlebihan. Terlebih saat ini Jokowi sudah menyatakan akan mengambil alih perbaikan 15 ruas jalan di Lampung.

Terakhir, Gubernur Lampung juga menambahkan bahwa pihaknya akan segera melakukan penertiban truk bertonase lebih. Pernyataan itu pun semakin menuai sorotan, mengingat warga setempat sempat curhat sudah hampir 20 tahun jalan selalu rusak.

Buang muka

Aksi Gubernur Lampung lain yang menjadi sorotan terjadi saat Presiden Jokowi menggelar konferensi pers usai meninjau jalan rusak.

Pada kesempatan tersebut, tampak Gubernur Lampung berada di sebelah Pak Bas. Lalu, pada saat ditanya terkait dengan jalan rusak di Lampung, Arinal tampak menatap tajam ke arah jurnalis.

Kemudian, pada saat Presiden Jokowi menjawab terkait dengan jalan rusak di Lampung, Arinal juga tampak membuang muka dan juga tubuhnya.

Padahal, sebelum Presiden Jokowi ditanya terkait dengan jalan rusak di Lampung, gestur tubuh dari Arinal terlihat biasa saja. (Suara.com)