Selasa, 16 Mei 2023 | 19:28 WIB

Apa Saja Jenis Lensa pada Kamera? Simak Penjelasannya di Sini

Cesar Uji Tawakal
Kamera mirrorless Canon EOS M200. (Datascrip)
Kamera mirrorless Canon EOS M200. (Datascrip)

Hitekno.com - Jika Anda suka fotografi, Anda mungkin ingin tahu apa saja jenis lensa pada kamera.

Lensa adalah bagian penting dari kamera yang mempengaruhi kualitas dan gaya foto yang Anda hasilkan.

Ada berbagai jenis lensa yang memiliki fungsi dan karakteristik berbeda.

Baca Juga: Apa Arti Kode Angka di Lensa Kamera? Begini Penjabarannya

Berikut adalah beberapa jenis lensa yang umum digunakan oleh fotografer profesional maupun amatir.

Perilisan tiga lensa baru Canon. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)
Ilustrasi kamera. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

1. Lensa kit

Lensa ini biasanya disertakan saat Anda membeli kamera DSLR atau mirrorless. Lensa kit memiliki rentang fokus yang fleksibel, misalnya 18-55 mm atau 24-70 mm, yang cocok untuk berbagai situasi fotografi. Lensa kit juga mudah digunakan dan ringan, tetapi tidak memiliki kualitas optik yang tinggi dan tidak bisa menghasilkan efek bokeh yang indah.

Baca Juga: MediaTek Berencana Menghadirkan Chipset Laptop High-End

2. Lensa prime (fix)

Lensa ini memiliki panjang fokus tetap, misalnya 35 mm atau 50 mm, yang artinya Anda tidak bisa memperbesar atau mengecilkan objek dengan mengubah fokus. Lensa prime memiliki keunggulan dalam hal ketajaman, kecerahan, dan kedalaman bidang. Lensa prime juga bisa menghasilkan efek bokeh yang menarik dengan membuka bukaan maksimal. Lensa prime cocok untuk potret, pemandangan, atau fotografi jalanan.

3. Lensa tele

Baca Juga: Hero Marksman Paling Cepat Solo Lord, Hitungan Detik Langsung Mati!

Lensa ini memiliki panjang fokus yang panjang, misalnya 70-200 mm atau 100-400 mm, yang memungkinkan Anda untuk memotret objek yang jauh dengan detail. Lensa tele juga bisa mengompresi perspektif dan membuat latar belakang tampak lebih dekat dengan objek. Lensa tele cocok untuk fotografi olahraga, satwa liar, atau peristiwa.

4. Lensa makro

Lensa ini memiliki rasio pembesaran yang tinggi, misalnya 1:1 atau 2:1, yang artinya Anda bisa memotret objek kecil dengan ukuran sebenarnya atau lebih besar. Lensa makro juga memiliki jarak fokus minimal yang pendek, sehingga Anda bisa mendekat ke objek tanpa kehilangan fokus. Lensa makro cocok untuk fotografi bunga, serangga, atau benda-benda detail lainnya.

5. Lensa wide

Lensa ini memiliki panjang fokus yang pendek, misalnya 10-24 mm atau 16-35 mm, yang memungkinkan Anda untuk menangkap bidang pandang yang luas. Lensa wide juga bisa menciptakan efek dramatis dengan memperbesar perspektif dan membuat objek dekat tampak lebih besar daripada objek jauh. Lensa wide cocok untuk fotografi arsitektur, lansekap, atau interior.

6. Lensa fisheye

Lensa ini adalah jenis lensa wide yang ekstrem, yang memiliki sudut pandang hampir 180 derajat. Lensa fisheye menghasilkan gambar yang melengkung dan terdistorsi di pinggirnya, seperti melihat dunia melalui bola kaca. Lensa fisheye cocok untuk fotografi artistik, eksperimental, atau menyenangkan.

Tag

Berita Terkait

Terpopuler

perangkat

Terkini

Load More
Ikuti Kami