Cesar Uji Tawakal
Panggilan di WhatsApp. (dok. WhatsApp)

Tech.hitekno.com - Aplikasi WhatsApp mungkin menjadi layanan pesan yang sangat populer, tapi tidak jarang penggunanya mengalami kendala dengan layanan ini yang dapat mengganggu komunikasi.

Meskipun demikian, masih ada beberapa aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa digunakan ketika layanan pesan ini terkendala dan beberapa di antaranya jarang down serta mengutamakan keamanan.

Berikut 5 aplikasi pesan instan yang jarang down:

Baca Juga:
3 Cara Mudah Mengirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri, Pilih paling Mudah

1. Telegram

Telegram dianggap sebagai salah satu aplikasi yang akan harusnya cocok untuk menggantikan WhatsApp pada tahun 2021 ini dan memiliki fitur-fitur keren termasuk layanan Cloud untuk menampung data pengguna.

2. Discord

Baca Juga:
47 HP Android dan iPhone Tak Bisa Pakai WhatsApp, Cek Punya Kamu

Aplikasi ini dibuat khusus untuk para gamer dengan fitur menelepon dan chatting di dalam game.

3. Line

Line memiliki fitur menarik yang cocok untuk kalangan muda serta mengizinkan pengguna untuk mengamankan data pribadi dengan disable akses melalui pengaturan.

Baca Juga:
Telegram Gelontorkan Sederet Fitur Baru, Yakin Masih Setia Pakai WhatsApp?

4. WeChat

Aplikasi chat asal China yang memiliki fitur standar seperti chatting, call, dan video call serta stiker lucu seperti LINE, memudahkan penambahan kontak baru dengan cara menggoyangkan ponsel dan mengaktifkan GPS.

5. Skype

Skype adalah aplikasi chat yang sudah lama ada selain WhatsApp. Selain bisa digunakan di ponsel Android, Skype juga bisa dipasang di hampir semua perangkat, termasuk iPhone, laptop, dan PC. Skype terkenal sebagai layanan VOIP dan video call yang sudah lama digunakan orang, tapi mulai tergusur oleh aplikasi lain.

Namun, layanan yang dimiliki oleh Microsoft ini masih eksis sampai sekarang.