Cesar Uji Tawakal
Smart TV - Google TV. (TCL)

Tech.hitekno.com - Bukan rahasia lagi bahwa Google dan Android adalah dua merek paling populer di bidang teknologi. Jadi, masuk akal jika mereka menjadi yang pertama mencoba bermitra untuk membuat sistem operasi TV. Android TV telah ada selama bertahun-tahun, itu tidak terlalu bagus saat pertama kali diluncurkan.

Google meluncurkan platform smart TV keduanya, Google TV, pada September 2020, dan sejak saat itu, platform baru tersebut telah berperang sengit dengan Android TV.

Beberapa percaya bahwa Google TV hanyalah versi Android TV yang dirubah. Lalu apa perbedaan keduanya?

Baca Juga:
Daftar Harga 11 TV Digital Xiaomi Januari 2023, Mulai 2 Jutaan

Berikut perpedaan Google TV dan Android TV yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Apa itu TV Android?

Pertama kali dirilis pada bulan Juni 2014, Android TV adalah semacam pengubah permainan untuk teknologi hiburan rumah. Android TV adalah turunan dari sistem operasi seluler Android Google, yang menawarkan akses ke Google Play Store untuk aplikasi dan game di TV sekaligus memberi fitur praktis seperti dukungan Google Cast dan kontrol suara melalui Asisten Google.

Baca Juga:
Daftar Harga HP Realme Januari 2023 Resmi, Ini yang Termahal

Itu dengan cepat diadopsi sebagai middleware TV pintar seperti Sharp dan Sony. Kunci pengalaman Android TV adalah antarmuka layar beranda yang bertujuan untuk mendorong penemuan konten dengan menyarankan acara dan film dari aplikasi dan layanan berlangganan seperti Amazon Prime Video, Netflix, dan YouTube, fitur yang diperluas lebih lanjut dengan Google TV.

Apa itu Google TV?

Google TV pertama kali muncul di layar TV pada tahun 2020 ketika diluncurkan bersamaan dengan versi baru dongle streaming Google, Chromecast. Ini adalah antarmuka TV pintar de facto untuk TV dan set-top box baru yang diberdayakan Google yang sekarang dirilis oleh produsen besar.

Baca Juga:
Spesifikasi Asus Vivobook Pro 16 3D OLED, Laptop 3D OLED Pertama di Dunia

Alih-alih menjadi sistem operasi baru, Google TV sebenarnya adalah lapisan perangkat lunak yang berjalan di atas Android TV. Google TV menghadirkan antarmuka pengguna baru dengan tampilan dan nuansa yang berbeda, dengan Android TV.

Selain menampilkan desain yang sedikit disempurnakan, antarmuka yang lebih baru menawarkan fokus yang jauh lebih besar pada konten yang dipersonalisasi dengan memanfaatkan AI, sekaligus menawarkan tab khusus untuk siaran langsung.

Google TV vs Android TV, Mana yang Lebih Baik?

Solusi sederhana untuk pertarungan antara Android vs Google TV adalah tetap berpegang pada kebutuhan kamu. Jika Anda ingin membeli TV pintar dasar untuk memutar film dari platform OTT dan mengakses beberapa Aplikasi Google Store, kamu dapat membeli TV Android.

Namun, jika kamu memiliki banyak pengguna di rumah yang dapat memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan Google TV, maka inilah yang cocok. Itulah perbedaan dasar dari Google TV dan Android TV. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins