Rezza Dwi Rachmanta
PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Tech.hitekno.com - PlayStation 5 atau PS5 merupakan konsol yang banyak diminati oleh penggemar. Perusahaan mengklaim bahwa PS5 kini tak lagi langka karena mudah ditemukan di toko ritel.

Sebagai informasi, PS5 sempat "langka" karena begitu tingginya permintaan.

Meski terdapat beberapa toko online yang menjual konsol tersebut, namun banderol harga sangat berbeda dibanding harga normalnya.

Baca Juga:
Valve Hadirkan Docking Station Steam Deck, Konsol Bisa Dibeli Langsung

Perusahaan asal Jepang itu mengungkap bahwa kelangkaan PS5 kini sudah selesai.

"Setiap orang yang menginginkan PS5 akan lebih mudah menemukannya di toko ritel di dunia mulai sekarang," kata President and CEO PlayStation, Jim Ryan dalam acara CES 2023, dikutip dari The Verge, Kamis (5/1/2023).

PlayStation 5 atau PS5. (PlayStation)

Ryan juga mengumumkan kalau Sony telah menjual sekitar 30 juta unit PS5 hingga saat ini. Angka itu 5 juta lebih banyak ketimbang data terakhir penjualan PS5 yang diumumkan November 2022.

Baca Juga:
Lihat Deretan "Konsol Jadul" Ini, Netizen: Game Sederhana Tapi Seru

PS5 sendiri telah dikenalkan ke publik pada November 2020. Namun baru kali ini konsol generasi kelima tersebut lebih mudah dibeli.

Di presentasi itu, Ryan juga mengucapkan terima kasih kepada para penggemar PlayStation yang sabar menunggu stok PS5.

Ia juga mengklaim kalau baru kali ini Sony menangani permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tengah tantangan global dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga:
Sony Hentikan Penjualan PlayStation di Rusia, Konsol hingga Game

Sebelumnya, penggemar PS5 kerap kali kesulitan menemukan konsol tersebut karena kerap kali ludes terjual.

Bahkan banyak calo yang memanfaatkan kelangkaan PS5 tersebut dan menjualnya dengan harga lebih mahal ketimbang yang dirilis Sony.

Di Indonesia, Sony menyediakan PS5 dalam dua versi. Pertama adalah versi digital dan kedua adalah yang menggunakan kaset.

Harga PS5 di Indonesia pun kini naik. Untuk versi Digital Edition dijual Rp 8,2 juta, sedangkan versi kaset dibanderol Rp 9,7 juta. (Suara.com/ Dicky Prastya)