Agung Pratnyawan
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Deep Purple. (Erajaya)

Tech.hitekno.com - Apple akan menghadirkan iPhone 15 series mendatang dengan bergai fitur baru. Diprediksi nantinya akan ada sejumlah fitur eksklusif iPhone 15 Pro yang tidak hadir ke varian di bawanya.

Dikutip dari Suara.com, model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan fungsi Smart Island. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (atau Ultra) bakal mendapat fitur eksklusif.

Sebagai diketahui, seri Pro dan Pro Max menjadi kelas tertinggi dari iPhone yang mendapatkan banyak keistimewaan dari Apple. 

Baca Juga:
Capai Jutaan Unit, Layar iPhone 15 Series Bakal Dipasok dari China

Belum lama ini, MacRumors melaporkan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max mungkin hadir dengan enam fitur eksklusif, dilansir lama Gizchina, Senin (9/1/2023).

Berikut ini enam prediksi fitur eksklusif iPhone 15 Pro yang berdasarkan beberapa bocoran rumor belakangan.

1. Chip Apple A17 Bionic

Baca Juga:
Bukan 12 MP Lagi, iPhone 15 Akhirnya Pakai Kamera Utama 48 MP?

Ilustrasi chip Apple. (Apple)

Menurut Nikkei Asia, model iPhone 15 Pro yang akan datang akan menggunakan chip Apple A17 Bionic berdasarkan proses 3nm generasi kedua TSMC.

Chip Apple A17 Bionic akan meningkatkan kinerja dan konsumsi daya. Tahun lalu, hanya model Pro yang dikemas dengan chip Apple terbaru.

2. Rangka Titanium

Baca Juga:
Apple Disinyalir akan Menjual iPhone 15 dengan Harga Lebih Murah

Apple Watch Ultra. (Apple)

Seperti Apple Watch Ultra, bingkai model iPhone 15 Pro akan dibuat dari titanium, bukan baja tahan karat. Informasi tersebut berasal dari Jeff Pu.

3. Port USB-C

Apple USB-C, (Apple)

Seperti yang dibuktikan analis Ming-Chi Kuo, model iPhone 15 Pro akan menampilkan port USB-C yang mendukung setidaknya USB 3.2 atau Thunderbolt 3.

Berkat port USB-C ini akan membawa transfer data yang jauh lebih cepat. Port USB-C pada model iPhone 15 standar masih terbatas pada kecepatan USB 2.0.

4. Memori Besar

iPhone 13 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max. (HiTekno.com)

Menurut firma riset TrendForce, model iPhone 15 Pro akan hadir dengan peningkatan RAM 8 GB. Sedangkan versi vanilla masih akan menggunakan RAM 6GB.

Kapasitas RAM ekstra akan memungkinkan aplikasi seperti Safari menyimpan lebih banyak konten aktif di latar belakang.

5. Tombol Solid-State

Kamera iPhone 14 Pro series. (Apple)

Analis Ming-Chi Kuo juga mengklaim bahwa model Pro akan menampilkan tombol volume dan daya solid-state.

Model iPhone 15 Pro akan hadir dengan dua Mesin Taptic ekstra yang memberikan umpan balik haptic untuk mensimulasikan perasaan menekan tombol tanpa benar-benar memindahkannya.

Ini memiliki beberapa kemiripan dengan tombol Home di iPhone SE terbaru atau Touch di MacBook baru.

6. Zoom Optic

iPhone 14 Pro. (Apple)

Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone 15 Pro Max akan menggunakan lensa telefoto periskop. Ini harus memungkinkan perangkat untuk mendukung setidaknya 6x optical zoom, dibandingkan dengan 3x pada model iPhone 14 Pro.

Selain itu, beredar rumor jika nama iPhone 15 Pro Max akan diganti namanya menjadi iPhone 15 Ultra, seperti halnya Apple Watch Ultra.

Itulah enam prediksi fitur eksklusif iPhone 15 Pro yang dihadirkan Apple berdasarkan berbagai bocoran belakangan ini. (Suara.com/ Dythia Novianty)