Cesar Uji Tawakal
Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Tech.hitekno.com - Upaya Amerika Serikat untuk membuat industri semikonduktor dan teknologi chip China kesulitan telah memasuki fase baru. Negara tetangga dari Meksiko ini menekan sekutunya untuk bergabung dengan perjuangannya.

Dilansir dari The Register, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berbicara dengan duta besar AS Rahm Emanuel, di mana Rahm menekankan pentingnya front terpadu yang membatasi ekspor semikonduktor ke China.

Pembicaraan itu terjadi beberapa hari sebelum Presiden Joe Biden dijadwalkan bertemu dengan Kishida selama KTT.

Baca Juga:
Xiaomi Siap Umumkan HP Flagship di Pasar Global Melalui MWC 2023

Meskipun tidak ada pemain sebesar dulu, Jepang tetap menjadi produsen utama memori NAND dan sensor gambar CMOS.

Saat ini keterlibatan Jepang dalam industri semikonduktor sebagian besar berkisar pada peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat keripik, demikian menurut Administrasi Perdagangan Internasional.

AS mungkin menjadi sumber utama kekayaan intelektual dan paten semikonduktor, tetapi sebagian besar manufaktur chip tetap berpusat di Asia Pasifik.

Baca Juga:
Spesifikasi Chromebook IdeaPad Flex 3i: Laptop 2-in-1 Ringan dengan Kamera HD

Dengan demikian, setiap upaya AS untuk memutus industri semikonduktor China akan membutuhkan dukungan dari sekutunya.

Selain Jepang, duta besar juga dilaporkan menyoroti pentingnya Korea Selatan yang memproduksi peralatan pembuatan chip yang digunakan dalam manufaktur terdepan.

Sejak disahkannya Undang-Undang Chip dan Sains AS senilai $280 miliar musim panas ini, pemerintahan Biden telah meningkatkan upayanya untuk membungkam industri semikonduktor China.

Baca Juga:
Laba Samsung Merosot hingga Pecah Rekor, Ini Sebabnya

China mungkin merupakan ekonomi global terbesar kedua di belakang AS, tetapi industri semikonduktor domestiknya telah tertinggal dari Korea Selatan, Taiwan, dan AS.

Saat ini, China memiliki kemampuan untuk memproduksi chip sekecil 7nm. Sebagai perbandingan TSMC telah memulai produksi massal 3nm dan Samsung tidak jauh di belakang. 

Salah satu hambatan yang dihadapi China adalah akses ke mesin litografi ultraviolet ekstrem khusus yang digunakan untuk memproduksi komponen 7nm dan lebih kecil.

Musim gugur lalu, Departemen Perdagangan AS melarang vendor peralatan LAM research, KLA Corp, dan Applied Materials mengekspor barang-barang mereka ke pembuat chip China tanpa lisensi eksplisit.